home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ariel Tatum Idap Borderline Personal Disorder, Bagaimana Ciri-Cirinya?

Minggu, 20 Oktober 2019 20:56 by sukmagayatri | 1385 hits
Ariel Tatum Idap Borderline Personal Disorder, Bagaimana Ciri-Cirinya?
Image Source: Suara.com

DREAMERS.ID - Aktris cantik Ariel Tatum baru-baru ini mengejutkan publik setelah buka-bukaan mengenai Borderline Personal Disorder (BPD) yang dideritanya. BPD merupakan gangguan kesehatan mental serius yang mempengaruhi emosi dan perilaku seseorang. Ariel Tatum mengaku bahwa akibat penyakit BPD-nya, ia pernah melakukan percobaan bunuh diri. 

Melansir dari detik.com, dr Andri, SpKJ, mengatakan bahwa BPD dapat memicu perilaku menyakiti diri sendiri. Tujuannya? Untuk mengalihkan emosi yang dialami melalui rasa sakit secara fisik.

Tipe kepribadian yang mudah terkena BPD adalah kepribadian ‘dependent’. Biasanya, mereka yang selalu ketergantungan terhadap orang lain, akan mudah merasa kecewa ketika dirinya mendapatkan penolakan atau kebutuhannya tidak terpenuhi.

Baca juga: Ariel Tatum Cerita Bagian Tubuh yang Bikin Gak PD, Ada Luka Sayatan

Beberapa ciri pengidap BPD, dikutip dari Mayoclinic adalah sebagai berikut:

- Kekhawatiran yang sangat kuat akan mengalami situasi terabaikan, tertolak, dan tercampakkan.
- Punya pola berhubungan yang labil dan intens. Misalnya mengagumi seseorang pada suatu saat, lalu tiba-tiba menganggapnya tidak peduli atau bahkan jahat.
- Peribahan yang sering terkait identitas diri dan citra diri, termasuk perubahan nilai dan tujuan hidup. Kadang menganggap diri sendiri jelek seperti tidak pernah ada.
- Mengalami masa-masa ketakutan terkait stres dan kehilangan kontak dengan realita.
- Menunjukkan perilaku impulsif dan berbahaya, seperti judi, berkendara ugal-ugalan, seks tidak aman, makan sembarangan, menyalahgunakan obat terlarang, dan sebagainya.
- Menunjukkan perilaku membahayakan diri sendiri dan bahkan upaya bunuh diri.
- Perubahan mood atau suasana hati yang cepat, dari sangat bahagia jadi gampang tersinggung dan gelisah tidak menentu.
- Selalu merasa kesepian.
- Marah-marah untuk sebab yang tidak jelas, nyinyir, dan bahkan sering berkelahi.

Jika kamu merasakan gejala atau ciri diatas, harap segera melakukan konseling kepada pihak professional, seperti dokter kejiwaan; psikolog, atau psikiater. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Selama ini masyarakat Indonesia hanya mengatahui dua jenis masker yaitu masker kain dan masker medis. Masker transparan milik istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono pun berhasil mencuri perhatian publik....
  • HOT !
    Beberapa taman hiburan Disneyland telah dibuka kembali. Sebelumnya, Shanghai Disneyland menjadi taman Disney pertama di dunia yang kembali dibuka, tepatnya pada 11 Mei dengan menerapkan protokol social distancing dan penggunaan masker. Disusul oleh Disneyland Hongkong dibulan berikutnya....
  • HOT !
    Oppo menjadi salah satu vendor smartphone yang rajin merilis ponsel baru. Pada semester pertama tahun 2020 ini saja, sudah ada 9 perangkat yang diluncurkan, di mana dua diantaranya dijual secara online dan sisanya secara offline....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)