SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menuai Prestasi, Roti Gambang Betawi Masuk Ke Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia!

Jumat, 18 Oktober 2019 13:00 by sukmagayatri | 579 hits
Menuai Prestasi, Roti Gambang Betawi Masuk Ke Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia!
Image Source: Grid.ID

DREAMERS.ID - Selain kaya akan suku dan budaya, Indonesia juga memiliki berbagai macam kuliner unik yang dikenal hingga mancanegara. Salah satunya adalah roti Gambang khas Betawi yang berhasil masuk ke daftar 50 Roti terbaik di dunia versi CNN.

Dalam rangka memperingati Hari Roti Sedunia setiap tanggal 16 Oktober, CNN membuat Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia yang telah dikurasi oleh mantan chef pastry, Jen Rose Smith.

Diantara banyaknya jenis roti di dunia, roti Gambang khas Betawi berhasil ada didalam daftar tersebut. Nama roti Gambang sendiri diambil dari alat music khas Betawi, yakni Gambang Kromong. 

Selain rasanya yang unik, roti Gambang juga memiliki sejarah yang kuat, sebab proses pembuatannya mengadopsi teknik dan pembuatan dari Belanda pada masa penjajahan dulu.

Roti Gambang dibuat dari gula merah, sebab saat masa penjajahan gula merah lebih mudah ditemukan dan ditujukan untuk membuat warna roti menjadi kecoklatan. Selain gula merah, kayu manis juga ditambahkan sebagai bahan pembuat roti Gambang untuk menghasilkan aroma yang lezat. Untuk mempercantik tampilan, Roti Gambang juga dilengkapi dengan kacang wijen diatasnya. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Softbank Corp mengumumkan bahwa anak usanhya, Z Holdings atau yang sebelumnya bernama Yahoo Jepang akan melebur (merger) dengan Line Corps, perusahaan aplikasi pesan instan yang berbasis di Tokyo....
  • HOT !
    Beberapa hari belakangan ini media sosial tengah memperbincangkan tentang seorang pramugara dari maskapai Lion Air yang tengah membantu penumpang lansia. Hal ini diketahui dari postingan dari pemilik akun Instagram @armainiimay....
  • HOT !
    Setelah merilis iPhone 11 pada September lalu, Apple dikabarkan siap meluncurkan perangkat baru. Namun bukan varian ‘s’ seperti tradisi yang biasa dilakukan Apple, melainkan langsung merilis seri terbaru, iPhone 12....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)