home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menuai Prestasi, Roti Gambang Betawi Masuk Ke Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia!

Jumat, 18 Oktober 2019 13:00 by sukmagayatri | 777 hits
Menuai Prestasi, Roti Gambang Betawi Masuk Ke Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia!
Image Source: Grid.ID

DREAMERS.ID - Selain kaya akan suku dan budaya, Indonesia juga memiliki berbagai macam kuliner unik yang dikenal hingga mancanegara. Salah satunya adalah roti Gambang khas Betawi yang berhasil masuk ke daftar 50 Roti terbaik di dunia versi CNN.

Dalam rangka memperingati Hari Roti Sedunia setiap tanggal 16 Oktober, CNN membuat Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia yang telah dikurasi oleh mantan chef pastry, Jen Rose Smith.

Diantara banyaknya jenis roti di dunia, roti Gambang khas Betawi berhasil ada didalam daftar tersebut. Nama roti Gambang sendiri diambil dari alat music khas Betawi, yakni Gambang Kromong. 

Selain rasanya yang unik, roti Gambang juga memiliki sejarah yang kuat, sebab proses pembuatannya mengadopsi teknik dan pembuatan dari Belanda pada masa penjajahan dulu.

Roti Gambang dibuat dari gula merah, sebab saat masa penjajahan gula merah lebih mudah ditemukan dan ditujukan untuk membuat warna roti menjadi kecoklatan. Selain gula merah, kayu manis juga ditambahkan sebagai bahan pembuat roti Gambang untuk menghasilkan aroma yang lezat. Untuk mempercantik tampilan, Roti Gambang juga dilengkapi dengan kacang wijen diatasnya. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)