home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Fitur 'Dark Mode' yang Sedang Tren?

Selasa, 15 Oktober 2019 18:33 by manachemvr | 1263 hits
Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Fitur 'Dark Mode' yang Sedang Tren?
Image source: Mobile Syrup

DREAMERS.ID - ‘Dark Mode’ atau Mode Gelap saat ini menjadi fitur andalan bagi beberapa sistem operasi dan sejumlah aplikasi. Dengan menggunakan fitur ini, tampilan layar yang semula berwarna putih akan berubah menjadi hitam atau abu-abu gelap.

Meski demikian, ternyata masih banyak pengguna yang beranggapan bahwa fitur ini hanya sekedar untuk pilihan warna tampilan. Ternyata ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bis didapatkan dengan menggunakan fitur mode gelap ini:

 

Nyaman di Mata

Banyak pengguna mengeluhkan layar ponsel yang dinilai terlalu terang di ruangan yang gelap, meskipun intensitas cahaya sudah diturunkan paling kecil. Dengan menggunakan fitur mode gelap, mata pengguna akan lebih rileks dalam melihat tampilan layar. Bukan hanya itu saja tetapi Apple meyakini bahwa fitur ini akan meningkatkan konsentrasi bagi pengguna.

 

Baterai tahan lama

Seperti diketahui dengan penggunaan warna yang banyak berarti ‘memaksa’ ponsel untuk bekerja lebih banyak untuk menyalakan warna piksel. Tetapi dengan menggunakan mode gelap, maka layar akan mematikan piksel yang akan menghemat lebih banyak baterai. Tetapi kondisi ini hanya berlaku pada ponsel yang menggunakan layar OLED.

Baca juga: Pengguna WhatsApp di Indonesia Akhirnya Bisa Nikmati Fitur Dark Mode, Begini Caranya

Layar OLED sendiri merupakan organic light-emitting diode dimana terdapat diode organic yang dapat memancarkan cahaya secara mandiri. Berbeda dengan OLED, ponsel dengan layar LCD masih menggunakan bantuan lampu besar di belakang atau samping perangkat. Jika mode gelap diaktifkan dalam layar LCD, lampu tersebut masih menyinari layar sehingga tidak memberikan perubahan signifikan.

 

Tampilan layar yang menarik

Menurut Roman Banks, pembuat WhatsApp menjelaskan penggunaan mode gelap dalam layar ponsel akan memberikan pengalaman visual yang lebih menarik. Hal ini berkaitan dengan warna yang lebih terlihat ‘menonjol’ karena berwarna putih.

 

Tidak semua orang cocok

Mungkin penggunaan mode gelap cocok bagi orang yang memiliki penglihatan normal. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi pengguna yang memiliki mata silinder. Hal ini disebabkan karena mata silinder yang sulit untuk membedakan warna, mendeteksi garis lurus, dan sensitif terhadap cahaya.

Selain itu bagi pengguna yang suka untuk membaca cepat juga teliti agak kesulitan untuk membaca dalam tampilan gelap. Penelitian dari Universitas Passau menjelaskan bahwa membaca lebih cepat menggunakan layar putih, dengan demikian kesalahan penulisan lebih cepat dideteksi.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)