SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minum Soft Drink 2 Gelas Sehari Dapat Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Kematian Dini

Minggu, 08 September 2019 12:45 by Rie127 | 568 hits
Minum Soft Drink 2 Gelas Sehari Dapat Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Kematian Dini
Image Source: Hello Sehat

DREAMERS.ID -Beberapa orang pastinya menyukai soft drink, selain memiliki beragam rasa soft drink mudah dibeli di mana pun. Namun, ternyata mengkonsumsi dua gelas soft drink dalam sehari dapat meningkatkan risiko kematian dini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan dunia, WHO International Agency for Research on Cancer telah membuktikan dengan melakukan penelitian pada 450.000 responden orang dewasa dari 10 negara di dunia.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terbukti bahwa orang yang mengkonsumsi soft drink setidaknya 2 kali dalam sehari dengan takaran masing-masing 250 ml memiliki 34% risiko lebih tinggi meninggal dalam 16 tahun ke depan.

Selain itu, mengkonsumsi soft drink 2 kali dalam sehari juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 52%. Menurut ketua penelitian, Dr Neil Murphy, meningkatnya risiko kematian ini diakibatkan oleh meningkatnya kadar insulin di dalam darah.

"Merujuk pada penelitian sebelumnya, pemanis buatan yang terkandung di dalam soft drink meningkatkan kadar gula dalam darah dan memicu kadar insulin yang ikut meningkat," jelasnya.

Pihaknya kemudian menambahkan, hal ini masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk meneliti risiko dalam jangka panjang. Namun, pihaknya menyarankan untuk mengurangi konsumsi soft drink dan beralih ke air putih merupakan pilihan yang bagus.

"Kita tentu sudah tahu kalau minuman manis tidak bagus untuk gigi kita. Selain itu, minuman manis seperti soft drink juga dapat menyebabkan kelebihan kalori yang memicu obesitas, serangan jantung dan stroke". Kata Direktur di asosiasi medis British Heart Foundation. Penelitian ini sendiri sudah diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Guna memperketat dan terus menekan angka penyebaran, Korea Selatan akhirnya mengambil keputusan untuk membatasi kedatangan warga asing dari 90 negara, di tengah kekhawatiran atas semakin banyaknya kasus bawaan dari luar negeri....
  • HOT !
    Di tengah aturan pemerintah untuk di rumah saja, tidak sedikit orang yang mengisi waktu dengan berkreasi makanan di dapur. Hal ini memang dianggap lebih berguna dibanding hanya menghabiskan waktu dengan tiduran....
  • HOT !
    Menyikapi rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah sudah menyampaikan kepada masyarakat akan perlunya memakai masker guna mencegah penyebaran virus corona (Covid 19)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung SooJung, Kang Minhyuk, Choi MinHo, Other CNBLUE Member, Other f(x) member

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)