home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernah Dengar Soal Rasa Umami? Ini Penjelasan Chef Mariya Ibrahim

Senin, 02 September 2019 19:45 by sukmagayatri | 630 hits
Pernah Dengar Soal Rasa Umami? Ini Penjelasan Chef Mariya Ibrahim
Image source: footage.framepool.com

DREAMERS.ID - Jika orang pada umumnya kebanyakan hanya mengenal 4 rasa dasar seperti rasa manis, asin, asam, dan pahit, ternyata muncul jenis rasa kelima yakni rasa ‘Umami’.

Rasa Umami sendiri dapat ditemukan ketika kamu memakan makanan seperti Keju, Miso, dan Jamur. Kata ‘Umami’ sendiri ditemukan oleh ahli kimia asal Jepang yang bernama Kikunae Ikeda pada tahun 1907.


Image source: umamiinspiration.org.uk

Saat itu Kikunae sedang melihat komposisi mokular dashi. Dashi sendiri merupakan kaldu yang biasa dipakai pada masakan Jepang, Ikeda kemudian menemukan komponen baru pada dashi yakni asam glutamat yang menghadirkan ‘rasa baru’.


Image source: Foodpairing / blog

Ikeda pun kemudian menamakan rasa tersebut ‘Umami’ yang berarti lezat dalam bahasa Jepang. Pada tahun 1970-an kata Umami kemudian muncul dalam Bahasa Inggris sebagai ‘rasa kelima’.

Menurut Chef Mariya Ibrahim, Umami biasanya dideskripsikan untuk hidangan yang berbahan daging dan gurih. Tapi, rasa tersebut tentu tidak berasal dari bumbu atau MSG yang ditambahkan, tapi dihasilkan langsung secara alami oleh makanan yang tinggi kandungan asam glutamat. 

Chef Mariya Ibrahim juga menambahkan bahwa rasa Umami dapat membuat kita merasa lebih cepat kenyang karena dapat memuaskan dan menyenangkan selera yang mengkonsumsinya. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)