home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Berbagai Tipe Umum Autoimun, Penyakit Kekebalan Tubuh yang Dialami Raditya Dika

Selasa, 03 September 2019 11:50 by manachemvr | 2446 hits
Kenali Berbagai Tipe Umum Autoimun, Penyakit Kekebalan Tubuh yang Dialami Raditya Dika
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Melalui salah satu tayangan vlognya, Raditya Dika menjelaskan bahwa saat ini ia mengidap gangguan autoimun. Dirinya pun sudah beberapa kali pergi ke Singapura untuk melakukan checkup rutin setiap tahunnya.

"Halo semua, hari ini kita mau ke Singapura. Karena gue mau checkup setahun sekali untuk penyakit autoimun gue. Tiap tahun, gue selalu ke Singapura ke rumah sakit yang sama buat checkup," kata Raditya Dika dalam tayangan vlognya itu.

Penyakit autoimun sendiri merupakan kondisi yang dialami seseorang ketika sistem kekebalan tubuh yang dialami malah menyerang tubuhnya sendiri. Seperti diketahui bahwa tubuh manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menyerang organism asing seperti bakteri atau virus. Tetapi, dalam kondisi autoimun sistem tersebut malah melihat sel tubuh sehat sebagai organism asing.

Terdapat lebih dari 100 penyakit autoimun yang dapat diderita siapapun dengan beragam usia. Pernyataan ini dijelaskan oleh American Autimmune Related Diseases Association.

Melansir Hopkins Medicine dan SUARA.com, berikut jenis penyakit autoimun yang umum pada masyarakat:

 

1.Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi organ tubuh seperti ginjal, kulit, sistem muskoskleletal, sistem kardivaskular, sistem saraf pusat dan tepi, dan darah.

Penyakit yang paling berbahaya diantara gangguan autoimun lainnya ini dapat dilihat dari karakteristik ruam ‘kupu-kupu’ pada pipi dan jembatan hidung, atau ruam makulopapular secara menyeluruh. Penyakit ini berpotensi menyerang wanita lebih besar dari pria dengan perbandingan 9:1.

 

Baca juga: Keluhkan Sakit Kepala dan Susah Tidur, Ashanty Didiagnosa Sakit Autoimun

2. Rheumatoid Arthritis (RA)

RA biasanya dikenal luas dengan nama Rematik. Penyakit ini dapat menyebabkan radang yang diikuti rasa nyeri, kaku, hingga bengkak pada sendi. Gejala paling khas adalah nyeri sendi yang biasanya memburuk pada saat bangun tidur dan duduk terlalu lama.

Penderita RA akan mengalami kesusahan untuk melakukan aktivitas harian seperti membawa barang, memakan baju, dsb.

 

3. Psoriasis

Penyakit ini merupakan kondisi dimana penderita mengalami peradangan kulit dengan ruam merah, kulit tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Biasanya kondisi ini ditemukan pada daerah lutut, siku, punggung bagian bawah dan kulit kepala.

 

4. Artritis Psoriatik

Artritis Psotiatik adalah penyakit radang sendi dapat dikaitkan dengan psoriasis dan RA.

Penyakit ini menyebabkan ruam merah, bersisik, kuku jari tebal, dan mengalami gejala pembengkakan sendi.

 

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)