SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Berbagai Tipe Umum Autoimun, Penyakit Kekebalan Tubuh yang Dialami Raditya Dika

Selasa, 03 September 2019 11:50 by manachemvr | 2192 hits
Kenali Berbagai Tipe Umum Autoimun, Penyakit Kekebalan Tubuh yang Dialami Raditya Dika
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Melalui salah satu tayangan vlognya, Raditya Dika menjelaskan bahwa saat ini ia mengidap gangguan autoimun. Dirinya pun sudah beberapa kali pergi ke Singapura untuk melakukan checkup rutin setiap tahunnya.

"Halo semua, hari ini kita mau ke Singapura. Karena gue mau checkup setahun sekali untuk penyakit autoimun gue. Tiap tahun, gue selalu ke Singapura ke rumah sakit yang sama buat checkup," kata Raditya Dika dalam tayangan vlognya itu.

Penyakit autoimun sendiri merupakan kondisi yang dialami seseorang ketika sistem kekebalan tubuh yang dialami malah menyerang tubuhnya sendiri. Seperti diketahui bahwa tubuh manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menyerang organism asing seperti bakteri atau virus. Tetapi, dalam kondisi autoimun sistem tersebut malah melihat sel tubuh sehat sebagai organism asing.

Terdapat lebih dari 100 penyakit autoimun yang dapat diderita siapapun dengan beragam usia. Pernyataan ini dijelaskan oleh American Autimmune Related Diseases Association.

Melansir Hopkins Medicine dan SUARA.com, berikut jenis penyakit autoimun yang umum pada masyarakat:

 

1.Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi organ tubuh seperti ginjal, kulit, sistem muskoskleletal, sistem kardivaskular, sistem saraf pusat dan tepi, dan darah.

Penyakit yang paling berbahaya diantara gangguan autoimun lainnya ini dapat dilihat dari karakteristik ruam ‘kupu-kupu’ pada pipi dan jembatan hidung, atau ruam makulopapular secara menyeluruh. Penyakit ini berpotensi menyerang wanita lebih besar dari pria dengan perbandingan 9:1.

 

2. Rheumatoid Arthritis (RA)

RA biasanya dikenal luas dengan nama Rematik. Penyakit ini dapat menyebabkan radang yang diikuti rasa nyeri, kaku, hingga bengkak pada sendi. Gejala paling khas adalah nyeri sendi yang biasanya memburuk pada saat bangun tidur dan duduk terlalu lama.

Penderita RA akan mengalami kesusahan untuk melakukan aktivitas harian seperti membawa barang, memakan baju, dsb.

 

3. Psoriasis

Penyakit ini merupakan kondisi dimana penderita mengalami peradangan kulit dengan ruam merah, kulit tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Biasanya kondisi ini ditemukan pada daerah lutut, siku, punggung bagian bawah dan kulit kepala.

 

4. Artritis Psoriatik

Artritis Psotiatik adalah penyakit radang sendi dapat dikaitkan dengan psoriasis dan RA.

Penyakit ini menyebabkan ruam merah, bersisik, kuku jari tebal, dan mengalami gejala pembengkakan sendi.

 

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)