home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Maraknya Fenomena 'Binge Watching', Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Kamis, 22 Agustus 2019 17:45 by Rie127 | 1392 hits
Maraknya Fenomena 'Binge Watching', Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Fenomena Binge Watching yang terjadi akibat sering menonton film serial memang menjadi hal yang harus diperhatikan sejak dini, apalagi jika hal tersebut berdampak pada masalah kesehatan tubuh.

Hal ini sebaiknya menjadi pertimbangan jika kamu memang ingin menonton sebuah film serial, akan lebih baik jika kamu juga dapat mengatur waktu menonton dengan baik.

Karena, ternyata efek dari ‘Binge Watching’ tidak hanya berpengaruh bagi kesehatan, namun menilbulkan dampak buruk bagi kepribadian. Berikut ini merupakan dampak negatif yang terjadi akibat ‘Binge Watching’. Yuk Simak dibawah ini, Dreamers!

1. Perilaku Buruk dan Sifat Antisosial

Jika Binge Watching muncul sejak masih anak-anak, hal ini dapat memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan orang lain. Anak-anak yang lebih sering menghabiskan waktu dengan menonton film, akan lebih cenderung menunjukkan perilaku antisosial maupun gangguan kepribadian lainnya.

Pada orang dewasa, 'Binge Watching' juga dapat mempengaruhi hubungan sosialnya. Bila sudah ketagihan menonton, seseorang bisa saja tidak peduli pada orang-orang di sekitarnya, baik keluarga maupun teman.

2. Risiko Kenaikan Berat Badan dan Obesitas

Tak lengkap rasanya, jika menonton sebuah film tanpa ditemani dengan camilan, seperti keripik kentang, popcorn, dan makanan ringan lainnya. Dengan mengkonsumsi camilan dan duduk berjam-jam di depan televisi, computer, atau laptop, hal ini akan membuat timbangan kamu akan semakin bertambah.

Baca juga: Merasa Ingin Makan Padahal Sudah Kenyang? Mungkin Kamu Mengidap Penyakit Kronis Ini!

Kalori akan terus bertambah tanpa bisa dikeluarkan dari tubuh dan menjadi tumpukan lemak. Inilah yang menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan risiko obesitas.

3. Risiko Diabetes Tipe 2 dan Penyakit Jantung

Menonton televisi lebih dari dua jam tiap hari, memiliki pengaruh terhadap meningkatnya risiko penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, karena minimnya gerakan yang kamu lakukan.

Pola hidup sedenter (minim gerak) tersebut akan membuat tubuh kesulitan membakar kalori maupun karbohidrat yang telah masuk. Akibatnya, akan terjadi penumpukan yang membahayakan kesehatan.

4. Penurunan Jumlah Sperma

Bagi para pria, 'Binge Watching' berpotensi mempengaruhi tingkat kesuburan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang menghabiskan waktu lebih dari 20 jam per minggu, memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit.

Hal ini karena menonton film membuat seseorang tidak banyak bergerak dan tidak beranjak dari duduknya, sehingga mengalami peningkatan suhu pada testis. Sebagai akibatnya, produksi sperma pun dapat menurun.

5. Kematian Dini

Orang dewasa yang menghabiskan waktu lebih dari tiga jam per hari untuk menonton, dapat mengalami peningkatan pada risiko kematian dini. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang diadakan pada sekitar 13 ribu partisipan dan diterbitkan dalam jurnal Asosiasi Jantung Amerika.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)