SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Ilmuwan Temukan Organ 'Baru' yang Ternyata Bisa Merasakan Sakit

Selasa, 20 Agustus 2019 15:32 by manachemvr | 3292 hits
Wow, Ilmuwan Temukan Organ 'Baru' yang Ternyata Bisa Merasakan Sakit
imagesource: https://4.bp.blogspot.com/-k59vjqZSbn

DREAMERS.ID - Apakah kamu pernah tertusuk jarum atau peniti? Biasanya kita akan reflek merasakan sakit yang diterima oleh ujung saraf. Saraf sendiri merupakan organ yang  berada tepat di bawah lapisan luar kulit. Organ inilah yang pertama kali menerima rangsangan dari luar sebelum diteruskan ke otak.

Tetapi penelitian terbaru menunjukan bahwa rasa sakit yang kita rasakan bukan hanya dari organ saraf saja. Ilmuwan telah menemukan adanya organ yang saat ini namanya belum diketahui, berada di bawah kulit dan tersangkut dalam sel-sel khusus.

‘Organ Sensorik’ yang ditemukan ini merespon isyarat eksternal dan mengirimkan informasi yang diterima ke otak.

"Kami telah lama mengetahui bahwa ada berbagai jenis organ sensorik di kulit, tetapi yang kami sadari hanya terlibat dalam sensasi sentuhan," kata Patrik Enfors, peneliti yang juga seorang profesor biologi jaringan di Karolinska Institute di Swedia, dikutip dari Kompas.

Berbeda dengan organ sensorik lain, Enfors menambahkan bahwa organ ini memiliki peran dalam persepsi nyeri. Organ ini sendiri memiliki sifat sensitive terhadap tusukan. Setelah mendapatkan sinyal dari tekanan, organ ini akan mengirimkan sinyal tersebut ke otak.

Setelah otak menerima informasi tersebut, sinyal akan kembali diteruskan ke lokasi tusukan dan memberitahu kita untuk merasakan rasa sakit.

Organ ini sendiri terbentuk dari sel Schwann yang pada umumnya mengelilingi dan melindungi saraf. Tetapi para peneliti akan kembali melakukan penelitian lanjutan untuk menguji apakah ada pengaruh ketika sel Schwann ini dinonaktifkan.

mnc

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)