home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Ilmuwan Temukan Organ 'Baru' yang Ternyata Bisa Merasakan Sakit

Selasa, 20 Agustus 2019 15:32 by manachemvr | 3461 hits
Wow, Ilmuwan Temukan Organ 'Baru' yang Ternyata Bisa Merasakan Sakit
imagesource: https://4.bp.blogspot.com/-k59vjqZSbn

DREAMERS.ID - Apakah kamu pernah tertusuk jarum atau peniti? Biasanya kita akan reflek merasakan sakit yang diterima oleh ujung saraf. Saraf sendiri merupakan organ yang  berada tepat di bawah lapisan luar kulit. Organ inilah yang pertama kali menerima rangsangan dari luar sebelum diteruskan ke otak.

Tetapi penelitian terbaru menunjukan bahwa rasa sakit yang kita rasakan bukan hanya dari organ saraf saja. Ilmuwan telah menemukan adanya organ yang saat ini namanya belum diketahui, berada di bawah kulit dan tersangkut dalam sel-sel khusus.

‘Organ Sensorik’ yang ditemukan ini merespon isyarat eksternal dan mengirimkan informasi yang diterima ke otak.

"Kami telah lama mengetahui bahwa ada berbagai jenis organ sensorik di kulit, tetapi yang kami sadari hanya terlibat dalam sensasi sentuhan," kata Patrik Enfors, peneliti yang juga seorang profesor biologi jaringan di Karolinska Institute di Swedia, dikutip dari Kompas.

Berbeda dengan organ sensorik lain, Enfors menambahkan bahwa organ ini memiliki peran dalam persepsi nyeri. Organ ini sendiri memiliki sifat sensitive terhadap tusukan. Setelah mendapatkan sinyal dari tekanan, organ ini akan mengirimkan sinyal tersebut ke otak.

Setelah otak menerima informasi tersebut, sinyal akan kembali diteruskan ke lokasi tusukan dan memberitahu kita untuk merasakan rasa sakit.

Organ ini sendiri terbentuk dari sel Schwann yang pada umumnya mengelilingi dan melindungi saraf. Tetapi para peneliti akan kembali melakukan penelitian lanjutan untuk menguji apakah ada pengaruh ketika sel Schwann ini dinonaktifkan.

mnc

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)