SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Penderita Penyakit Ini Terlarang Melakukan Plester Mulut Saat Tidur

Jumat, 12 Juli 2019 20:00 by reinasoebisono | 1220 hits
Hati-hati, Penderita Penyakit Ini Terlarang Melakukan Plester Mulut Saat Tidur
Image source: HonestDocs

DREAMERS.ID - Masih dengan pembicaraan topik Buteyko Breathing yang viral belakangan karena dipopulerkan oleh penyanyi Andien Aisyah. Dijabarkan banyak manfaat yang akan diperoleh ketika tidur menutup mulut dengan plester.

Selain kini ada penjelasan khusus dari yang berkompeten, sejatinya manusia memang baiknya bernapas melalui hidung, bukan melalui mulut. Namun ada kondisi untuk mereka yang memiliki penyakit tertentu sebaiknya tidak menutup mulutnya dengan plester ketika tidur.

"Diusahakan membiasakan bernapas lewat hidung. Kalau dengan hidung, udara akan disaring, diproteksi dari bahan berbahaya," kata Faisal Yunus, pengajar bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respiratori FKUI.

Yang pertama adalah orang yang mengalami influenza, biasanya mengalami hidung tersumbat sehingga sebaiknya tidak semakin menutupi jalan nafas dengan memplester mulut ketika tidur. Juga penderita polip hidung yang merupakan kondisi pembentukan jaringan lembut dari saluran pernapasan dan sinus yang meradang.

Ukuran polip yang besar bisa mengganggu pernapasan, sehingga gejala dan treatment-nya pun mirip dengan pilek atau influenza namun dirasa tidak kunjung sembuh. Penderita sinusitis juga dilarang mencoba Buteyko Breathing.

Baca juga: Disebut 'Silent Killer', Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Karena sinus menghasilkan lender atau mucus yang berguna menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain yang terhirup bersama udara. Gejala sinusitis antara lain hidung tersumbat, nyeri pada wajah, serta pembengkakan pada bagian mata. 

Penderita rhinitis alergi atau hay fever yang juga memiliki gejala hidung tersumbat, bersin, mata kemerahan, gatal dan berair tak boleh mencoba tren ini. Karena rhinitis adalah tipe inflamasi pada hidung ketika system imun bereaksi terhadap allergen di udara.

Kondisi terakhir yang baiknya menunda Buteyko Breathing adalah penderita deviasi septum nasal karena kesulitan bernapas lewat hidung. Fyi, deviasi septum nasal adalah kondisi di mana dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua sampai bergeser dari garis tengah.

"(Plester mulut) boleh saja, tapi yang belum terbiasa mungkin agak kesulitan. Kecuali orang yang agak susah bernapas lewat hidung sebaiknya enggak dulu," katanya. Mengutip CNN Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)