home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Dokter Soal Viralnya Tepukan Tangan Bisa Selamatkan Orang yang Kena Serangan Jantung

Selasa, 25 Juni 2019 17:00 by fzhchyn | 23677 hits
Kata Dokter Soal Viralnya Tepukan Tangan Bisa Selamatkan Orang yang Kena Serangan Jantung
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Beberapa waktu yang lalu, viral sebuha video yang mengklaim bahwa seseorang terkena serangan jantung di bioskop dan bisa diselamatkan karena dilakukan tepukan pada area tangannya. Dalam video terlihat orang tersebut memberikan tepukan selama 2 menit hingga si pasien sadarkan diri dan muntah di akhir video.

Akhirnya banyak perdebatan apakah tepukan tangan tersebut dapat menyelamatkan orang yang terkena serangan jantung. Kepada Detik, Dokter spesialis jantung, dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, menjelaskan bahwa hal itu sebenarnya masih diragukan kebenarannya.

"Dalam video itu tidak jelas apakah benar serangan jantung atau bukan. Jika benar serangan jantung maka ditepuk seperti apapun tidak akan menolong apa-apa. Soal tiga titik yang berhubungan dengan serangan jantung, sebenernya ya seluruh pembuluh darah kita di tangan atau kaki kiri dan kanan juga berhubungan sama jantung," jelas dokter.

Menepuk keras daerah itu dan membuat hangat pun dijelaskan dr Vito tidak membantu sama sekali untuk menghilangkan bekuan darah di pembuluh darah jantung, apabila benar pada video itu serangan jantung. Sama halnya kalimat yang mengatakan menepuk bagian yang dianjurkan pada pesan berantai tersebut tiap hari agar mengurangi serangan jantung secara mendadak sebenarnya tidak ada hubungannya.

"Selama Anda kolesterol tinggi, merokok, diabetes melitus atau sakit gula tidak terkontrol misalnya, tidak akan ada efeknya...tetap akan risiko tinggi serangan jantung," ujarnya. "Yang paling kasihan adalah ada tulisan share kepada teman-teman dan keluarga besar Anda....Anda bisa menyelamatkan banyak orang... Banyak orang? Ada juga menunda pertolongan pada serangan jantung malah membahayakan banyak orang," pungkas dr Vito.

Berikut ini adalah pesan berantai yang ramai dibicarakan:

Di Bioskop tiba2 serangan jantung. Pas ada sinshe tepok kedua tangannya 2 menit sembuh kembali.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Video ini memberi nasihat darurat bagi kawan2 yang ada bakat penyakit jantung, silahkan perhatikan & pelajarin cara mengatasin serangan jantung yang umumnya datang mendadak?!, sehingga banyak orang tidak tertolong nyawanya dan meninggal di tempat / di perjalanan ke rumah sakit ! 

Perhatikan : 
1. Pada waktu kejadian akut tepuklah siku lengan bagian dalam spt video ini, harus di ingat lengan sebelah kiri, karena disekitar lengan kiri ini terdapat 3 titik yang berhubungan dengan jantung dan paru paru. 

2. Dengan menepuk keras daerah sekitar ini akan memperlancar peredaran darah dan akan terasa hangat dan keluar keringat. 

3. Perlu Anda ketahui serangan jantung terjadi karena peredaran darah terhambat, dengan menepuk bagian lengan ini akan meningkatkan suhu dan menghindari terjadinya penggumpalan dan memperlancar sirkulasi darah, tapi setelah itu segera bawa ke rumah sakit. 

4. Untuk keseharian ada baiknya kita juga menepuk bagian ini setiap hari, karena dapat mencegah segala penyakit jantung dan dapat mengurangi terjadinya serangan jantung secara mendadak !

Jika Anda merasa berguna info spt ini?, segera share kepada teman2 & keluarga besar Anda, karena dengan berbagi kecil spt ini, Anda bisa menyelamatkan banyak orang. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)