SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Dokter Soal Viralnya Tepukan Tangan Bisa Selamatkan Orang yang Kena Serangan Jantung

Selasa, 25 Juni 2019 17:00 by zia92 | 20376 hits
Kata Dokter Soal Viralnya Tepukan Tangan Bisa Selamatkan Orang yang Kena Serangan Jantung
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Beberapa waktu yang lalu, viral sebuha video yang mengklaim bahwa seseorang terkena serangan jantung di bioskop dan bisa diselamatkan karena dilakukan tepukan pada area tangannya. Dalam video terlihat orang tersebut memberikan tepukan selama 2 menit hingga si pasien sadarkan diri dan muntah di akhir video.

Akhirnya banyak perdebatan apakah tepukan tangan tersebut dapat menyelamatkan orang yang terkena serangan jantung. Kepada Detik, Dokter spesialis jantung, dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, menjelaskan bahwa hal itu sebenarnya masih diragukan kebenarannya.

"Dalam video itu tidak jelas apakah benar serangan jantung atau bukan. Jika benar serangan jantung maka ditepuk seperti apapun tidak akan menolong apa-apa. Soal tiga titik yang berhubungan dengan serangan jantung, sebenernya ya seluruh pembuluh darah kita di tangan atau kaki kiri dan kanan juga berhubungan sama jantung," jelas dokter.

Menepuk keras daerah itu dan membuat hangat pun dijelaskan dr Vito tidak membantu sama sekali untuk menghilangkan bekuan darah di pembuluh darah jantung, apabila benar pada video itu serangan jantung. Sama halnya kalimat yang mengatakan menepuk bagian yang dianjurkan pada pesan berantai tersebut tiap hari agar mengurangi serangan jantung secara mendadak sebenarnya tidak ada hubungannya.

"Selama Anda kolesterol tinggi, merokok, diabetes melitus atau sakit gula tidak terkontrol misalnya, tidak akan ada efeknya...tetap akan risiko tinggi serangan jantung," ujarnya. "Yang paling kasihan adalah ada tulisan share kepada teman-teman dan keluarga besar Anda....Anda bisa menyelamatkan banyak orang... Banyak orang? Ada juga menunda pertolongan pada serangan jantung malah membahayakan banyak orang," pungkas dr Vito.

Berikut ini adalah pesan berantai yang ramai dibicarakan:

Di Bioskop tiba2 serangan jantung. Pas ada sinshe tepok kedua tangannya 2 menit sembuh kembali.

Baca juga: Kocaknya Pramugara Ini Peragakan Prosedur Keselamatan Bikin Penerbangan Makin Menyenangkan

Video ini memberi nasihat darurat bagi kawan2 yang ada bakat penyakit jantung, silahkan perhatikan & pelajarin cara mengatasin serangan jantung yang umumnya datang mendadak?!, sehingga banyak orang tidak tertolong nyawanya dan meninggal di tempat / di perjalanan ke rumah sakit ! 

Perhatikan : 
1. Pada waktu kejadian akut tepuklah siku lengan bagian dalam spt video ini, harus di ingat lengan sebelah kiri, karena disekitar lengan kiri ini terdapat 3 titik yang berhubungan dengan jantung dan paru paru. 

2. Dengan menepuk keras daerah sekitar ini akan memperlancar peredaran darah dan akan terasa hangat dan keluar keringat. 

3. Perlu Anda ketahui serangan jantung terjadi karena peredaran darah terhambat, dengan menepuk bagian lengan ini akan meningkatkan suhu dan menghindari terjadinya penggumpalan dan memperlancar sirkulasi darah, tapi setelah itu segera bawa ke rumah sakit. 

4. Untuk keseharian ada baiknya kita juga menepuk bagian ini setiap hari, karena dapat mencegah segala penyakit jantung dan dapat mengurangi terjadinya serangan jantung secara mendadak !

Jika Anda merasa berguna info spt ini?, segera share kepada teman2 & keluarga besar Anda, karena dengan berbagi kecil spt ini, Anda bisa menyelamatkan banyak orang. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain aktif sebagai member GOT7, Jackson juga sering melakukan proyek solo di bidang musik dan lainnya, seperti fashion. Baru baru ini, ia ikut serta dalam kolaborasi spesial dengan brand fashion ternama Fendi....
  • HOT !
    Malam hari adalah waktu dimana sel sel mulai bergenerasi, ketika tidur otot otot dalam tubuh akan rileks, termasuk otot di wajah, hal ini juga akan membuat kulit menjadi lebih rileks....
  • HOT !
    Instagram terus mengeluarkan kebijakan kebijakan baru agar platform nya aman dan suportif bagi setiap pengguna. Dalam aturan terbaru, perusahaan dapat mendeteksi dan menghapus akun yang berulang kali mengunggah konten yang isinya melanggar kebijakan media sosial itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)