SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Waktu Terbaik Minum Kopi Bukanlah Di Pagi Hari

Rabu, 12 Juni 2019 13:16 by reinasoebisono | 8419 hits
Ternyata Waktu Terbaik Minum Kopi Bukanlah Di Pagi Hari
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Minum kopi di pagi hari bagi sebagian orang telah jadi kebiasaan, bahkan keharusan. Alasan paling banyak untuk menambah energi dan menghilangkan kantuk saat memulai aktivitas selanjutnya di pagi hari.

Namun menurut ahli diet, Laura Cipullo, mengutip dari CNBC via Detik, minum kopi di pagi hari dianggap sebagai waktu yang terburuk. Hal ini disebabkan kadar hormone kortisol dalam tubuh yang maish sangat tinggi di pagi hari.

"Batasi kopi saat pertama kali bangun pagi," kata Laura.

Ketika bangun tidur, tubuh menghasilkan jumlah hormone kortisol yang sangat banyak dan menyebabkan tubuh serta pikiran merasa waspada dan cemas. Jika ditambah dengan kafein yang ada dalam kopi, kadar kortisol akan semakin meningkat.

Karenanya, mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi bisa menimbulkan masalah yang banyak, seperti mengganggu produksi kortisol tubuh, hormone yang dilepaskan sebagai respon terhadap stress dan glukosa darah yang rendah.

"Minum kopi ketika tubuh memproduksi lebih sedikit kortisol, sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun," kata Cipullo.

Dalam sebuah penelitian oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus tersendiri dan akan mencapai puncak tertinggi pada 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, dan jam 17.30-18.30 walau pada tiap orang mungkin saja berbeda.

Para ahli menyarankan waktu yang paling tepat untuk minum kopi yakni pada saat produksi hormon kortisol mulai menurun antara jam 9.30-11.30, jam 13.30 dan jam 5 sore. 

(rei)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)