SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Waktu Terbaik Minum Kopi Bukanlah Di Pagi Hari

Rabu, 12 Juni 2019 13:16 by reinasoebisono | 51795 hits
Ternyata Waktu Terbaik Minum Kopi Bukanlah Di Pagi Hari
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Minum kopi di pagi hari bagi sebagian orang telah jadi kebiasaan, bahkan keharusan. Alasan paling banyak untuk menambah energi dan menghilangkan kantuk saat memulai aktivitas selanjutnya di pagi hari.

Namun menurut ahli diet, Laura Cipullo, mengutip dari CNBC via Detik, minum kopi di pagi hari dianggap sebagai waktu yang terburuk. Hal ini disebabkan kadar hormone kortisol dalam tubuh yang maish sangat tinggi di pagi hari.

"Batasi kopi saat pertama kali bangun pagi," kata Laura.

Baca juga: Rasa Kantuk Yang Disebabkan Dari Mengkonsumsi Susu Ternyata Tidak Ada Hubungannya?

Ketika bangun tidur, tubuh menghasilkan jumlah hormone kortisol yang sangat banyak dan menyebabkan tubuh serta pikiran merasa waspada dan cemas. Jika ditambah dengan kafein yang ada dalam kopi, kadar kortisol akan semakin meningkat.

Karenanya, mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi bisa menimbulkan masalah yang banyak, seperti mengganggu produksi kortisol tubuh, hormone yang dilepaskan sebagai respon terhadap stress dan glukosa darah yang rendah.

"Minum kopi ketika tubuh memproduksi lebih sedikit kortisol, sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun," kata Cipullo.

Dalam sebuah penelitian oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus tersendiri dan akan mencapai puncak tertinggi pada 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, dan jam 17.30-18.30 walau pada tiap orang mungkin saja berbeda.

Para ahli menyarankan waktu yang paling tepat untuk minum kopi yakni pada saat produksi hormon kortisol mulai menurun antara jam 9.30-11.30, jam 13.30 dan jam 5 sore. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Menemukan skincare yang tepat mungkin adalah sesuatu yang cukup sulit didapatkan bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif. Pemilik kulit sensitif biasanya sangat rentan terhadap beberapa jenis skincare, yang jika salah memilih, maka akan menyebabkan gatal, terbakar, kering, dan kemerahan pada kulit wajah. CEO Harlette Beauty, Valencia Nathania mempunyai kondisi kulit yang sensitif. Ia kemudian berbagi tips untuk memilih skincare bagi pemilik kulit sensitif. Menurutnya, ketika jerawat sedang parah hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab jerawat tersebut....
  • HOT !
    Bagi penggemar anime, tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama Makoto Shinkai, yang sudah menciptakan karya karya yang luar biasa dan sukses menarik perhatian penonton seperti ‘5 Centimeters Per Second’, ‘The Garden of Word’, dan ‘Your Name’ atau yang biasa disebut ‘Kimi No Na wa’....
  • HOT !
    Song Hye Kyo terus menunjukkan pesonanya yang semakin menawan meski baru saja menyandang status janda. Seperti pada pemotretan terbarunya bersama dengan brand sepatu Suecomma, di mana ia tampil chic hingga elegan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)