home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Waktu Terbaik Minum Kopi Bukanlah Di Pagi Hari

Rabu, 12 Juni 2019 13:16 by reinasoebisono | 62139 hits
Ternyata Waktu Terbaik Minum Kopi Bukanlah Di Pagi Hari
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Minum kopi di pagi hari bagi sebagian orang telah jadi kebiasaan, bahkan keharusan. Alasan paling banyak untuk menambah energi dan menghilangkan kantuk saat memulai aktivitas selanjutnya di pagi hari.

Namun menurut ahli diet, Laura Cipullo, mengutip dari CNBC via Detik, minum kopi di pagi hari dianggap sebagai waktu yang terburuk. Hal ini disebabkan kadar hormone kortisol dalam tubuh yang maish sangat tinggi di pagi hari.

"Batasi kopi saat pertama kali bangun pagi," kata Laura.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Saat Menjalani Puasa

Ketika bangun tidur, tubuh menghasilkan jumlah hormone kortisol yang sangat banyak dan menyebabkan tubuh serta pikiran merasa waspada dan cemas. Jika ditambah dengan kafein yang ada dalam kopi, kadar kortisol akan semakin meningkat.

Karenanya, mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi bisa menimbulkan masalah yang banyak, seperti mengganggu produksi kortisol tubuh, hormone yang dilepaskan sebagai respon terhadap stress dan glukosa darah yang rendah.

"Minum kopi ketika tubuh memproduksi lebih sedikit kortisol, sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun," kata Cipullo.

Dalam sebuah penelitian oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus tersendiri dan akan mencapai puncak tertinggi pada 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, dan jam 17.30-18.30 walau pada tiap orang mungkin saja berbeda.

Para ahli menyarankan waktu yang paling tepat untuk minum kopi yakni pada saat produksi hormon kortisol mulai menurun antara jam 9.30-11.30, jam 13.30 dan jam 5 sore. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)