SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Risikonya, Menkominfo Larang Pengguna Pakai VPN untuk Akses WhatsApp

Jumat, 24 Mei 2019 11:15 by zia92 | 1452 hits
Banyak Risikonya, Menkominfo Larang Pengguna Pakai VPN untuk Akses WhatsApp
Image source: Android Central

DREAMERS.ID - Sejak pemerintah mengumumkan pembatasan akses media sosial, warganet mulai menggunakan aplikasi koneksi seperti VPN (virtual private network) untuk mengakali kebijakan tersebut. Namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan agar pengguna tidak melakukannya.

Rudiantara menyebut bahwa VPN yang tak jelas berpotensi bisa mengobrak-abrik data pribadi penggunanya. "Kami sudah memperhitungkan salah satunya melalui VPN, selalu dikatakan bisa bypass lewat VPN, namun hindari VPN karena (kalau kita menggunakan) VPN gratis bisa terdampak terbukanya data-data pribadi," ujarnya dalam sebuah wawancara, Kamis (23/5).

Selain itu, menurut Rudiantara, penggunaan VPN juga bisa menjadi akses bagi masuknya malware ke smartphone. "Kalau gratis, hindari. Pokoknya hindari menggunakan aplikasi WhatsApp melalui VPN," tegasnya. Kecuali pengguna internet mau membayar sebesar Rp 2-3 juta untuk mengakses VPN berbayar, lebih baik mereka menghindari penggunaan VPN.

Baca juga: Ramai Imbauan Tak Pakai VPN Saat Transaksi Internet Banking, Begini Penjelasannya

Rudiantara mencontohkan penggunaan VPN yang marak dilakukan di Tiongkok karena akses terhadap aplikasi-aplikasi luar yang diblokir. "Di Tiongkok, WhatsApp tidak bisa, tetapi menggunakan VPN bisa, tetap berbahaya memakai VPN," tegasnya.

Terkait dengan kapan pemerintah akan membuka akses penuh terhadap media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp, Rudiantara tak memberikan tanggal pastinya. Ia hanya menuturkan, jika situasi dirasa sudah kondusif, pemerintah akan membuka akses penuh ke media sosial. "Saya tidak bisa tetapkan besok atau lusa (membuka akses ke media sosial), saya harap situasi kembali normal," tuturnya. 

(fzh)

  • HOT !
    Korea Selatan menjadi salah satu negara yang terkenal memiliki sejumlah kuliner menarik dan unik. Tidak hanya makanan besar tetapi juga berbagai macam dessert yang disulap menjadi varian baru, yang tentunya akan menggugah selera kalian....
  • HOT !
    Dengan maraknya hoax atau berita bohong dan ujaran kebencian yang menyebar melalui media sosial dan grup percakapan, Polri menegaskan akan menggalakkan patroli siber. Siapa pun bisa dijerat pidana jika terbukti menyebarkan hoax dan ujaran kebencian....
  • HOT !
    Oppo resmi meluncurkan Oppo Reno Series di Indonesia pada 17 Juni yang hadir dalam dua varian, yaitu Reno dan Reno 10x Zoom. Perangkat high end terbaru Oppo ini menggabungkan teknologi terkini dan kemampuan fotografi mengesnakan dalam sebuah desain unik yang memesona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Produce 101 season 1 & 2

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)