SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Punya Pola Makan Sehat? Cek Kombinasi Asupan Makanan yang Tepat Ini

Rabu, 06 Maret 2019 13:00 by zia92 | 1163 hits
Ingin Punya Pola Makan Sehat? Cek Kombinasi Asupan Makanan yang Tepat Ini
Image source: gooyadaily

DREAMERS.ID - Untuk memiliki dan menjaga tubuh agar tetap sehat memang tidak cukup dengan melakukan satu hal saja, seperti olahraga misalnya. Ada hal-hal lain yang perlu dilakukan seperti menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Pola makan yang sehat bisa ditentukan dengan memilih kombinasi yang tepat dari beberapa bahan makanan. Kombinasi makanan yang tepat ini bisa berdampak baik bagi kesehatan dan pencernaan. Dan jika salah mengkombinasikan makanan maka bisa berdampak sebaliknnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa kombinasi makanan yang dianjurkan oleh para ahli terapis nutrisi.

1. Protein dan lemak

Kombinasi ini merupakan kombinasi alami pada setiap makanan yang unsur dominannya protein. Unsur lemak berguna memperlambat laju pencernaan agar protein bisa lebih banyak waktu dicerna dalam lambung. Contoh untuk kombinasi ini adalah ayam, daging, atau ikan yang dipanggang, bakar, rebus, dan kukus.

2. Pati dan lemak

Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

Secara alami, pati sudah mengandung protein dan lemak, karena itu jangan menggunakan lemak berlebihan pada makanan tinggi pati. Contohnya roti dan sedikit mentega, kentang rebus yang dihaluskan dan sedikit krim, kentang goreng (dengan minyak tak jenuh dan baru, bukan minyak bekas pakai).

3. Lemak dan asam

Kombinasi ini termasuk serasi jika kadar lemaknya rendah. Asam berguna melarutkan lemak dan sebaliknya enzim pencerna lemak membutuhkan pH asam (rendah). Contohnya minyak saus selada (oil dressing) dengan sedikit air jeruk nipis, kacang-kacangan dengan buah rasa asam.

4. Gula dan asam

Kombinasi ini sudah menjadi kombinasi alami pada buah-buahan, sehingga semua makanan manis dianggap serasi dengan makanan asam. Contoh untuk kombinasi ini adalah yoghurt murni dengan madu, yoghurt murni dengan buah-buahan, dan buah asam dengan buah manis.

(fzh)

  • HOT !
      Sejak pemerintah mengumumkan pembatasan akses media sosial, warganet mulai menggunakan aplikasi koneksi seperti VPN (virtual private network) untuk mengakali kebijakan tersebut. Namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan agar pengguna tidak melakukannya....
  • HOT !
    Madonna menjadi salah satu selebriti Hollywood yang menggemari aksesoris karya desainer asal Indonesia, Rinaldy A.Yunardi. Ia beberapa kali tertangkap mengenakan hasil rancangan Rinaldy untuk melengkapi aksinya diatas panggung....
  • HOT !
    Menyantap sahur sebelum menjalankan ibadah puasa memang menjadi hal yang perlu dilakukan. Selain sebagai sumber energi sebelum menjalani aktifitas, sahur juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)