SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bikin Cepat Kenyang, Makanan Ini Juga Bisa Tahan Lapar Lebih Lama

Rabu, 12 Desember 2018 13:00 by zia92 | 3735 hits
Bikin Cepat Kenyang, Makanan Ini Juga Bisa Tahan Lapar Lebih Lama
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Beberapa jenis makanan memang membuat kita cepat kenyang. Namun yang menjadi masalah adalah rasa lapar juga akan cepat kembali sehingga pada akhirnya membuat kita justru melahap lebih banyak makanan.

Ada jenis makanan yang membuat cepat kenyang dan menahan rasa lapar lebih lama dan ini baik dikonsumsi saat sedang mengontrol berat badan. Hal itu membuat kita tak akan kebablasan jika makan terlalu banyak. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membuat cepat kenyang, mengutip CNN.

1. Serat dalam karbohidrat

Kandungan serat yang tinggi di dalam karbohidrat akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih cepat ketimbang karbohidrat rendah serat. Kandungan serat itu juga memperlambat proses pencernaan sehingga membuat tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama mengolah makanan.

Hasilnya, selain lebih cepat kenyang, karbohidrat tinggi serat itu juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks yang tinggi serat ini meliputi biji-bijian utuh, gandum, pasta, oatmeal, dan beras merah. 

2. Sayuran dan buah-buahan

Baca juga: Tips Memulai Kembali Beraktivitas dengan Semangat Usai Libur Lebaran

Sayuran dan buah-buahan juga kaya akan serat dan air yang membuat tubuh kenyang lebih cepat. Dokter dan ahli gizi bahkan menyarankan untuk memakan buah terlebih dahulu sebelum menyantap makanan berat agar kenyang lebih cepat. Buah dan sayuran yang membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat di antaranya apel, pir, buah berry, brokoli, kol, dan selada.

3. Protein tanpa lemak

Dikutip dari Every Day Health, penelitian menunjukkan bahwa protein membuat tubuh merasa kenyang dan menimbulkan rasa puas yang lebih besar dibanding jenis makanan lain. Jenis protein terbaik untuk menimbulkan rasa kenyang lebih cepat adalah protein hewani dan nabati yang tinggi kalori tapi rendah lemah. Kandungan ini bisa didapatkan dari ikan, daging putih, susu bebas lemak, putih telur, dan kacang-kacangan.

4. Lemak sehat

Lemak bukan berarti tak baik bagi tubuh. Konsumsi lemak sehat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat dan hindari lemak jahat yang memicu kolesterol.  Lemak sehat seperti omega3 bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, dan tuna. Lemak sehat juga terdapat dalam alpukat, biji-bijian, dan minyak zaitun. 

(fzh)

  • HOT !
    Korea Selatan menjadi salah satu negara yang terkenal memiliki sejumlah kuliner menarik dan unik. Tidak hanya makanan besar tetapi juga berbagai macam dessert yang disulap menjadi varian baru, yang tentunya akan menggugah selera kalian....
  • HOT !
    Dengan maraknya hoax atau berita bohong dan ujaran kebencian yang menyebar melalui media sosial dan grup percakapan, Polri menegaskan akan menggalakkan patroli siber. Siapa pun bisa dijerat pidana jika terbukti menyebarkan hoax dan ujaran kebencian....
  • HOT !
    Oppo resmi meluncurkan Oppo Reno Series di Indonesia pada 17 Juni yang hadir dalam dua varian, yaitu Reno dan Reno 10x Zoom. Perangkat high end terbaru Oppo ini menggabungkan teknologi terkini dan kemampuan fotografi mengesnakan dalam sebuah desain unik yang memesona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Produce 101 season 1 & 2

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)