SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bikin Cepat Kenyang, Makanan Ini Juga Bisa Tahan Lapar Lebih Lama

Rabu, 12 Desember 2018 13:00 by zia92 | 3651 hits
Bikin Cepat Kenyang, Makanan Ini Juga Bisa Tahan Lapar Lebih Lama
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Beberapa jenis makanan memang membuat kita cepat kenyang. Namun yang menjadi masalah adalah rasa lapar juga akan cepat kembali sehingga pada akhirnya membuat kita justru melahap lebih banyak makanan.

Ada jenis makanan yang membuat cepat kenyang dan menahan rasa lapar lebih lama dan ini baik dikonsumsi saat sedang mengontrol berat badan. Hal itu membuat kita tak akan kebablasan jika makan terlalu banyak. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membuat cepat kenyang, mengutip CNN.

1. Serat dalam karbohidrat

Kandungan serat yang tinggi di dalam karbohidrat akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih cepat ketimbang karbohidrat rendah serat. Kandungan serat itu juga memperlambat proses pencernaan sehingga membuat tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama mengolah makanan.

Hasilnya, selain lebih cepat kenyang, karbohidrat tinggi serat itu juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks yang tinggi serat ini meliputi biji-bijian utuh, gandum, pasta, oatmeal, dan beras merah. 

2. Sayuran dan buah-buahan

Baca juga: Sudah Tahu? Begini Posisi Tubuh yang Salah dan Tepat Saat Gunakan Gadget

Sayuran dan buah-buahan juga kaya akan serat dan air yang membuat tubuh kenyang lebih cepat. Dokter dan ahli gizi bahkan menyarankan untuk memakan buah terlebih dahulu sebelum menyantap makanan berat agar kenyang lebih cepat. Buah dan sayuran yang membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat di antaranya apel, pir, buah berry, brokoli, kol, dan selada.

3. Protein tanpa lemak

Dikutip dari Every Day Health, penelitian menunjukkan bahwa protein membuat tubuh merasa kenyang dan menimbulkan rasa puas yang lebih besar dibanding jenis makanan lain. Jenis protein terbaik untuk menimbulkan rasa kenyang lebih cepat adalah protein hewani dan nabati yang tinggi kalori tapi rendah lemah. Kandungan ini bisa didapatkan dari ikan, daging putih, susu bebas lemak, putih telur, dan kacang-kacangan.

4. Lemak sehat

Lemak bukan berarti tak baik bagi tubuh. Konsumsi lemak sehat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat dan hindari lemak jahat yang memicu kolesterol.  Lemak sehat seperti omega3 bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, dan tuna. Lemak sehat juga terdapat dalam alpukat, biji-bijian, dan minyak zaitun. 

(fzh)

  • HOT !
    Tidak sedikit selebriti wanita Korea yang dijadikan model untuk mengenakan koleksi terbaru dari berbagai brand kelas dunia. Seperti Chanel yang menjadikan Jennie BLACKPINK dan Kim Go Eun sebagai sosok yang secara tidak langsung mempromosikan produknya....
  • HOT !
    Mengambil foto portrait memang susah susah gampang dan tentunya tak bisa disamakan saat kita mengambil foto landscape. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan jepretan portrait yang bagus adalah sudut foto atau angle....
  • HOT !
    Bintang Keeping Up With The Kadarshians, Kylie Jenner baru baru ini mengungkapkan rahasia bentuk tubuhnya yang langsing meski setelah melahirkan putri pertamanya, Stormi. Fyi, pengusaha muda ini diketahui tidak suka olahraga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)