SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah Ini Butuh Donor Darah Khusus Orang dari Populasi Super Langka di Dunia

Jumat, 07 Desember 2018 15:42 by reinasoebisono | 2756 hits
Bocah Ini Butuh Donor Darah Khusus Orang dari Populasi Super Langka di Dunia
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Kanker masih menjadi momok menakutkan untuk masyarakat dunia karena menjadi salah satu penyakit yang belum ada obat pastinya untuk menyembuhkan. Upaya kemoterapi bisa dibilang untuk melumpuhkan sel kanker, namun juga mematikan sel pasien yang lain sehingga berdampak pada menurunnya imunitas dan kondisi orang yang terjangkit.

Sayangnya, terdapat kondisi khusus pula seperti yang dialami oleh seorang anak perempuan berusia 2 tahun asal India bernama Zainab Mughal yang tengah berjuang melawan kanker ganas dan membutuhkan transfusi golongan darah langka.

Melansir Liputan6, Zainab didiagnosis neuroblastoma atau kanker yang menyerang sel saraf dan telah menyebar ke organ tubuh lain seperti perut. Rupanya sel darah merah Zainab kehilangan antigen umum yang dikenal sebagai Indian-B. Antigen sendiri adalah zat perespon sistem imun pada sel darah merah.

Dengan hilangnya antigen, artinya tubuh tak mampu merespon zat asing yang masuk, termasuk transfusi darah. Karena itu, pendonor yang nantinya menyumbangkan darah ke Zainab harus yang memiliki golongan darah O atau A.

Baca juga: Momen Menarik Saat PM India Jawab Curhatan Seorang Ibu: Apa Anak Anda Main PUBG?

Masalahnya, pendonor dengan golongan darah tersebut harus yang 100% keturunan India, Iran atau Pakistan yang tentu saja di masa kini sudah langka ditemukan karena banyaknya pernikahan dan keturunan campuran.

Dilaporkan hanya ada kurang dari 4% populasi dunia yang punya golongan darah cocok untuk Zainab. Belum lagi bocah tersebut memerlukan lebih dari 7 pendonor selama perawatannya. Hingga kini organisasi yang mencari pendonor darah, OneBlood, telah menemukan tiga pendonor dari London, Inggris.

Dan hingga kini telah ada 1.000 orang yang keturunan Iran, India atau Pakistan yang menyumbangkan darah untuk diuji. Zainab sendiri akan menjalani dua transplantasi sumsum tulang yang akan membuat tubuhnya lebih kuat. Hal ini dilakukan agar kemungkinan dokter dapat memberikan dosis kemoterapi yang lebih tinggi.

"Kami pasti membutuhkan lebih banyak darah," kata ayah Zainab, Raheel Mughal. "Putriku, dia masih jauh dari sempurna."

(rei)

  • HOT !
    Pesona kecantikan Irene tidak hanya mampu menghipnotis para penggemar idola K Pop saja, melainkan juga brand brand mewah untuk menjadikannya sebagai model atau brand ambassador, salah satunya adalah brand perhiasan mewah asal Italia, DAMIANI....
  • HOT !
    Stasiun Televisi Iran membatalkan siaran langsung duel dua tim Bundesliga, Bayern Munich dan Augsburg. Sebab laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus....
  • HOT !
    Banyak orang yang beranggapan jika sarapan dapat menunjang kemampuan otak dan memicu kecerdasan. Namun rupanya makan siang tak kalah penting bagi kecerdasan otak terutama anak anak, berdasarkan sebuah penelitian di India....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)