SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Fitur dan Faktor yang Membuat iPhone XR Lebih Murah dari Duo XS

Senin, 22 Oktober 2018 18:40 by zia92 | 6416 hits
Inilah Fitur dan Faktor yang Membuat iPhone XR Lebih Murah dari Duo XS
Image source: Digital Trends

DREAMERS.ID - Smartphone baru Apple, iPhone XR akan mulai tersedia pada 26 Oktober mendatang. Para analis pun memperkirakan penjualan seri ini akan mendongkrak penjualan iPhone, karena XR dibanderol paling ‘murah’ dari tiga model yang diluncurkan.

iPhone XR dibanderol dengan harga mulai dari kisaran Rp 11 untuk memori 64 GB, Rp 12 juta untuk memori 128 GB dan Rp 13 juta untuk memori 256 GB. Sementara iPhone XS dibanderol mulai Rp14,3 juta dan iPhone XS Max dibanderol mulai Rp15,8 juta. Mengutip CNN, berikut beberapa fitur dan faktor yang menyebabkan XR dibanderol dengan harga yang lebih murah.

1. Ukuran Layar
Dari segi layar, XR hanya memiliki satu ukuran varian layar, yakni 6,1 inci. Sementara XS memiliki layar 5,8 inci dan XS Max memiliki ukuran layar 6,5 inci. Perbedaan harga XS dan XR terkait layar ini sekitar Rp 1 juta.

2. Tampilan Layar
iPhone XS mengusung layar Super Retina OLED, sementara XR baru mengusung layar Liquid Crystal LCD. Layar OLED secara umum lebih terang, lebih menampilkan warna dan memiliki rasio kontras yang lebih jauh daripada LCD.

Mengingat layar OLED bisa mematikan pikselnya, alih-alih meredupkannya seperti LCD, warna hitam benar-benar terlihat seperti warna hitam, dan gambar terlihat jauh lebih hidup. XR memang mengusung salah satu teknologi LCD terbaik di ponsel. Namun, jika kalau dibandingkan dengan teknologi OLED yang dibenamkan pada XS memang jauh kalah canggih.

3. Warna Gold dan Silver tidak tersedia di iPhone XR
Ponsel XR tersedia dalam lima varian warna (putih, biru, kuning, hitam, dan coral). XS sendiri tersedia warna hitam, silver (hampir mirip dengan putih), dan warna emas yang menjadi pilihan eksklusif.

Baca juga: Begini Gambaran Konsep Ponsel Lipat Apple, iPhone X Fold

4. iPhone XR lebih berat daripada XS
XR memiliki berat 194 gram, sedangkan XS memiliki berat 177 gram. Perbedaannya memang tidak besar, namun ketika pengguna secara reguler, maka perbedaan berat itu akan terasa. Akan tetapi XS Max ternyata lebih berat daripada XR, yakni 208 gram.

5. iPhone XR tidak miliki teknologi kamera ganda
iPhone XR dan iPhone XS memiliki teknologi yang hampir identik terkait kamera depan dan belakang dengan kamera belakang beresolusi 12 MP dan kamera selfie beresolusi 7 MP. Meski begitu, XR tidak memiliki lensa tele sehingga XR tidak bisa melakukan optical zooming, hanya bisa melakukan digital zooming.

FYI, optical zooming lebih superior daripada digital zooming karena bisa melakukan zooming tanpa mengurangi kualitas foto. Digital zooming sering menghasilkan foto yang blur. Terkait digital zooming, XS juga lebih superior karena bisa melakukan 10X digital zoom untuk foto, 6X digital zoom untuk video, dan 2X optical zoom. XR hanya bisa mencapai 5X digital zoom untuk foto dan 3X digital zoom untuk video.

6. ROM iPhone XR memiliki konfigurasi lebih sempit daripada XS.
XR memiliki konfigurasi ruang penyimpanan 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Sedangkan XS dan XS plus memiliki varian 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Artinya konfigurasi ROM XS memiliki ruang penyimpanan dua kali lipat lebih luas daripada XR.

7. iPhone XR tidak memiliki water resistant setangguh XS
XS dan XS Max memiliki sertifikasi IP68 sehingga diklaim aman ketika tenggelam di air dengan kedalaman hingga 2 meter selama 30 menit. Sementara XR punya sertifikasi IP 67 yang membuatnya bisa bertahan di air dengan kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit.

8. XR tidak memiliki teknologi 3D Touch
Ini merupakan hal kecil, tapi kemampuan untuk memberikan akses cepat cukup penting. Kendati demikian, Apple memang mengembangkan 3D Touch versi iPhone XR, namun diakui teknologi ini tidak secanggih 3D Touch di XS.

(fzh)

  • HOT !
    Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun tahun....
  • HOT !
    Gaya hidup kurang sehat yang dijalani memang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar di mana kita berada. Namun bukan berarti kamu harus meninggalkan lingkungan tersebut jika ingin memiliki pola hidup yang lebih sehat, karena pada dasarnya itu semua tergantung pada bagaimana kita menyikapinya....
  • HOT !
    Setelah dijenguk rekan sesama artis yaitu Feby Febiola, Vanessa Angel dinilai semakin kurus setelah mendekam sekitar dua bulan dipenjara. Bahkan menurut mantan kekasihnya Bibi, Vanessa Angel kerap tak nafsu makan hingga pernah menyebut ingin mati saja. Lalu seperti apa sih nasi cadong itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)