SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Teknologi e-SIM yang Ada di iPhone XS dan XS Max

Jumat, 14 September 2018 12:25 by zia92 | 1590 hits
Mengenal Teknologi e-SIM yang Ada di iPhone XS dan XS Max
Image source: CNET

DREAMERS.ID - Untuk pertama kalinya, Apple menerapkan fitur Dual SIM pada smartphone-nya, yaitu pada iPhone yang baru saja dirilis, iPhone XS dan XS Max. Menariknya, Apple menggunakan teknologi e-SIM untuk salah satu kartu SIM pada fitur ini.

Seperti diketahui, Subscriber Identification Module atau yang biasa kita sebut dengan istilah "kartu SIM" ini memiliki beberapa jenis berdasarkan ukuran yakni Nano, Micro, dan ukuran standar. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah Nano SIM karena ukurannya yang lebih kecil sehingga tidak memakan banyak tempat pada sebuah ponsel.

Melansir dari Kompas, sepintas e-SIM ini serupa dengan sistem inject kartu SIM yang sempat marak beberapa tahun lalu. Perbedaannya, sistem inject kartu SIM dilakukan secara permanen untuk satu operator seluler sedangkan pengguna e-SIM masih bisa berganti-ganti nomor dari satu operator ke operator lainnya.

Sesuai namanya, e-SIM alias electronic SIM tak memiliki wujud fisik seperti kartu pada umumnya. Wujud e-SIM berupa modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel dan tak bisa dilepas-pasang sembarangan. E-SIM sendiri pertama kali digunakan pada perangkat Samsung Gear S2 3G yang dirilis 2016. Meski begitu teknologi ini baru mendapat sorotan saat digunakan pada Apple Watch 3.

Baca juga: Ada Laporan iPhone X Meledak Saat Update iOS, Begini Penampakannya

Ukuran modul e-SIM pada ponsel sangatlah kecil, bahkan lebih kecil dari ukuran Nano-SIM yang banyak ditemui pada ponsel kelas atas saat ini. Inilah mengapa e-SIM kerap digunakan pada perangkat wearable seperti jam tangan pintar yang dirilis Apple maupun Samsung. Dengan diletakkan bersama komponen internal lainnya, e-SIM bisa lebih tahan terhadap air dan debu karena tak menggunakan slot SIM fisik.

Meski dibuat tertanam dalam perangkat dan sulit untuk dilepas, pengguna justru dibuat lebih mudah jika ingin beralih dari satu operator ke operator lainnya hanya dengan menggunakan software tertentu. Jadi cukup dengan mendaftarkan e-SIM untuk penawaran paket dari berbagai operator, pengguna dengan mudah bisa bergonta-ganti layanan. Ini tentu saja menjadi salah satu keunggulan e-SIM apalagi jika sering bepergian ke luar negeri.

E-SIM dipercaya akan menjadi standar baru kartu SIM di masa depan. Meski prosesnya dan waktunya masih panjang, keberadaan iPhone XS dan XS Max yang menggunakan fitur ini akan mendongkrak jumlah penggunaan e-SIM.

(fzh)

  • HOT !
    Generasi milenial  identik dengan suka berpetualang ke tempat tempat baru. Bahkan nggak sedikit milenials yang rela menghabiskan gaji atau tabungannya demi mendapat pengalaman seru dari liburan. Tapi bagaimana jika budget terbatas?...
  • HOT !
    Belum lama ini terungkap bahwa Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook meminta para petinggi perusahaannya untuk tidak lagi memakai iPhone dan beralih ke smartphone Android. Ada kabar yang menyebutkan bahwa Zuck ‘dendam’ dengan CEO Apple, Tim Cook....
  • HOT !
    Ada pasangan lansia yang mengklaim makan fast food tiap hari bikin mereka langsing dan bugar. Bahkan mereka sudah melakukannya selama 23 tahun makan di gerai McDonalds....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)