home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspadai Kondisi Aneh pada Tubuh yang Bisa Jadi Gejala Anemia Ini

Jumat, 06 Juli 2018 19:00 by fzhchyn | 2690 hits
Waspadai Kondisi Aneh pada Tubuh yang Bisa Jadi Gejala Anemia Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Memiliki hasrat ingin menyantap suatu makanan atau ‘ngidam’ memang wajar. Tapi jika yang ingin disantap adalah benda non-makanan seperti tanah liat, debu, atau kapur tentu ada yang salah dengan tubuh.

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, kemungkinan terbesarnya adalah tubuh mengalami kekurangan zat besi. Zat besi merupakan salah satu mineral yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tanpa asupan zat besi yang cukup, banyak fungsi-fungsi dalam tubuh yang tidak bisa bekerja dengan benar.

“Peran utama zat besi adalah membawa oksigen dalam darah ke setiap sel dalam tubuh,” kata Beth Thayer, RDN, MS, direktur di Pusat Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit di Henry Ford Health System di Detroit, seperti melansir Everyday Health.

Zat besi juga merupakan komponen penting dari hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru dan mengangkut ke seluruh tubuh. Nah jika jumlah hemoglobin sedikit, maka tubuh akan mengalami anemia alias kekurangan darah. Sebelum kamu menderita anemia yang semakin parah, ada baiknya untuk mewaspadai tanda-tanda bahwa tubuh kamu kekurangan zat besi, seperti berikut.

1. Kelelahan parah
Mengalami kelelahan yang tidak seperi biasanya merupakan tanda paling umum bahwa tubuh kekurangan zat besi. Adanya kesulitan oksigen untuk mengalir ke sel-sel mempengaruhi tingkat energi dan membuat tubuh lelah dan sulit fokus.

Baca juga: Benarkan Penderita Anemia Dilarang Minum Susu? Ini Faktanya

2. Sering infeksi
Zat besi juga memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, jadi jika tingkat zat besi kurang, tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi.

3. Kulit pucat
Meskipun tidak selalu terjadi, tapi memiliki kulit yang pucat sering dikaitkan dengan keadaan tubuh yang sedang sakit. Hal ini dikarenakan hemoglobin yang memberikan warna kemerahan di kulit berkurang jika asupan zat besi menurun, sehingga warna kulit lebih pucat.

4. Lidah bengkak
Kekurangan oksigen juga dapat menyebabkan otot membesar dan menimbulkan rasa sakit. Meskipun kekurangan zat besi bisa menyebabkan hal ini pada semua otot, tapi bagian lidah adalah yang paling terlihat dan terasa. Selain itu, daerah sekitar mulut/bibir yang pecah-pecah juga bisa jadi tanda kekeurangan zat besi.

5. Pica
Orang yang kekurangan zat besi bisa mengalami kemungkinan untuk mengidam hal-hal yang bukan makanan, seperti tanah liat, debu, atau kapur. Kondisi inilah yang dinamakan Pica.

6. Kerontokan rambut
Kekurang zat besi, khususnya jika sudah mulai mengalami anemia, bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan karena folikel rambut tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga mengalami masa istirahat dan akibatnya rambut rontok. Parahnya, rambut tidak akan tumbuh jika anemia tidak segera membaik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)