home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akuisisi Shazam Senilai 5,4 Triliun, Apa Rencana Apple?

Selasa, 12 Desember 2017 15:31 by fzhchyn | 1229 hits
Akuisisi Shazam Senilai 5,4 Triliun, Apa Rencana Apple?
Image source: Gizmodo

DREAMERS.ID - Raksasa teknologi Apple akhirnya secara resmi mengakuisisi Shazam setelah rumornya sudah santer terdengar sejak pekan lalu. Nilai akuisisi diperkirakan mencapai 400 juta USD atau sekitar 5,4 triliun rupiah.

Apple dan Shazam memang diketahui sudah berhubungan sejak lama, di mana Shazam adalah salah satu aplikasi pertama yang muncul di App Store pada 2008. Saat itu, orang-orang yang mempunyai Shazam di iPhone 3G-nya bisa mengenali judul lagu, kemudian membelinya dari iTunes. Hal tersebut masih berlangsung sampai saat ini, dan mulai dari iOS 8, pengenalan judul lagu dari Shazam sudah terintegrasi ke dalam asisten digital Apple, Siri.

Sejak 2008 itu, Shazam sudah mempunyai sejumlah fitur baru, termasuk mengenali serial televisi, poster film, iklan majalah dan konten augmented reality (AR). Meski ketertarikan utama Apple ke Shazam adalah soal musik, namun CEO Apple Tim Cook rupanya punya ketertarikan tersendiri soal AR.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Apple biasanya tak banyak bicara saat mengakuisisi sebuah perusahaan, namun hal berbeda terjadi pada Shazam. Mereka merilis sebuah pernyataan pers yang menyebut akuisisi tersebut, bahkan menulis nama Shazam. Sementara nilai akuisisinya yang disebut mencapai USD 400 juta merupakan perkiraan valuasi Shazam, seperti mengutip Detik.

"Kami sangat tak sabar Shazam dan timnya yang bertalenta untuk bergabung dengan Apple. Sejak diluncurkannya App Store, Shazam secara konsisten masuk ke dalam daftar aplikasi paling populer untuk iOS," tulis Apple dalam pernyataannya.

"Hari ini, (Shazam) sudah digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia, di berbagai platform. Kami punya rencana menarik, dan sangat menanti untuk mengkombinasikan Shazam setelah perjanjian hari ini," lanjutnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)