SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kelelahan Hingga Ingin Makan Kapur, Berbagai Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai

Senin, 04 September 2017 16:00 by zia92 | 6369 hits
Kelelahan Hingga Ingin Makan Kapur, Berbagai Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Memiliki hasrat ingin menyantap suatu makanan atau ‘ngidam’ memang wajar. Tapi jika yang ingin disantap adalah benda non-makanan seperti tanah liat, debu, atau kapur tentu ada yang salah dengan tubuh.

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, kemungkinan terbesarnya adalah tubuh mengalami kekurangan zat besi. Zat besi merupakan salah satu mineral yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. tanpa asupan zat besi yang cukup, banyak fungsi-fungsi dalam tubuh yang tidak bisa bekerja dengan benar.

“Peran utama zat besi adalah membawa oksigen dalam darah ke setiap sel dalam tubuh,” kata Beth Thayer, RDN, MS, direktur di Pusat Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit di Henry Ford Health System di Detroit, seperti melansir Everyday Health.

Zat besi juga merupakan komponen penting dari hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru dan mengangkut ke seluruh tubuh. Nah jika jumlah hemoglobin sedikit, maka tubuh akan mengalami anemia alias kekurangan darah. Sebelum kamu menderita anemia yang semakin parah, ada baiknya untuk mewaspadai tanda-tanda bahwa tubuh kamu kekurangan zat besi, seperti berikut.

1. Kelelahan parah
Mengalami kelelahan yang tidak seperi biasanya merupakan tanda paling umum bahwa tubuh kekurangan zat besi. Adanya kesulitan oksigen untuk mengalir ke sel-sel mempengaruhi tingkat energi dan membuat tubuh lelah dan sulit fokus.

Baca juga: Alasan Unik Mengapa Wanita Doyan Ngemil dan Jadi Pemalas Saat PMS

2. Sering infeksi
Zat besi juga memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, jadi jika tingkat zat besi kurang, tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi.

3. Kulit pucat
Meskipun tidak selalu terjadi, tapi memiliki kulit yang pucat sering dikaitkan dengan keadaan tubuh yang sedang sakit. Hal ini dikarenakan hemoglobin yang memberikan warna kemerahan di kulit berkurang jika asupan zat besi menurun, sehingga warna kulit lebih pucat.

4. Lidah bengkak
Kekurangan oksigen juga dapat menyebabkan otot membesar dan menimbulkan rasa sakit. Meskipun kekurangan zat besi bisa menyebabkan hal ini pada semua otot, tapi bagian lidah adalah yang paling terlihat dan terasa. Selain itu, daerah sekitar mulut/bibir yang pecah-pecah juga bisa jadi tanda kekeurangan zat besi.

5. Pica
Orang yang kekurangan zat besi bisa mengalami kemungkinan untuk mengidam hal-hal yang bukan makanan, seperti tanah liat, debu, atau kapur. Kondisi inilah yang dinamakan Pica.

6. Kerontokan rambut
Kekurang zat besi, khususnya jika sudah mulai mengalami anemia, bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan karena folikel rambut tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga mengalami masa istirahat dan akibatnya rambut rontok. Parahnya, rambut tidak akan tumbuh jika anemia tidak segera membaik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Sajian latte art memang tengah populer khususnya di zaman milineal seperti saat ini. Meski sama sama mengusung konsep yang menggunakan seni sebagai topping di atas secangkir kopi, namun belakangan ini telah muncul inovasi kreasi latte art yang makin menggemaskan....
  • HOT !
    Untuk memenangkan hati para fans lewat penampilan di Emmy Awards 2017, sejumlah selebriti memang harus tampil serasi dengan busana yang dipilih. Melihat tren busana atau make up menjadi sebuah keharusan untuk tampil maksimal....
  • HOT !
    Tidak sedikit orang yang menyukai film bergenre horor.  Di Indonesia pun film yang mengangkat cerita tentang makhluk alam lain ini cukup laris di bioskop bioskop. Selain menonton di bioskop, tidak sedikit orang menonton film horor sendirian di rumah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : detii0730
Cast : Miss A Suzy, EXO Baekhyun, EXO Chanyeol, EXO Sehun, Miss A Min, 2PM Wooyoung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)