home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Kerja Otak Orang Bilingual Ternyata Lebih Efisien!

Selasa, 25 November 2014 14:08 by zia92 | 3097 hits
Wah, Kerja Otak Orang Bilingual Ternyata Lebih Efisien!
themotherhood.com

DREAMERSRADIO.COM - Orang dengan kemampuan bilingual atau dapat berbicara dan mengerti dua bahasa cenderung lebih membutuhkan sedikit kemampuan otak untuk menyelesaikan tugas dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain and Language, seperti yang dilansir Fox News.

Dengan menggunakan fungsi Magnetic Resonance Imaging (MRI), para peneliti di Northwestern University dan University of Houston mempelajari aktivitas otak dari 18 orang yang berbicara bahasa Inggris dan 17 orang yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol yang dinilai sama dalam mengerjakan tes memori.

Selama mengerjakan tugas pemahaman bahasa, para peserta diminta untuk mengidentifikasi sebuah objek setelah mendengar sebuah kata melalui headphone. Misalnya, dua gambar menunjukkan benda dengan nama yang hampir sama seperti “cloud” dan “clown”. Dan peserta harus dengan tepat menjelaskannya.

Baca juga: Ini yang Terjadi Pada Otak dan Tubuh Manusia Ketika Membaca Berita Tentang Covid-19

Meskipun orang monolingual dan bilingual semuanya dapat mengidentifikasi objek secara tepat dan dalam waktu yang hampir bersamaan, “otak orang monolingual bekerja lebih keras, khususnya pada area yang menghambat kontrol untuk mencapai tujuan yang sama persis,” kata Viorica Marian, yang memimpin penelitian ini.

“Pada dasarnya cara kerja fungsi MRI adalah memungkinkan kita untuk melihat sekilas dari apa yang terjadi di otak,” kata Sarah Chabal, penulis penelitian. “Ini mengukur aliran darah dan oksigen, sehingga kita dapat melihat area mana yang bekerja lebih keras. Dalam konteks studi kami, ketika orang monolingual dan bilingual mendegarkan kata-kata, otak orang monolingual bekerja lebih keras. Ada aliran darah yang lebih banyak di area otak sehhingga menggunakan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas,” tambahnya.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Salah satu makanan khas Korea Selatan yang wajib kamu coba saat datang ke sana yaitu tteokbokki, makanan yang terbuat dari tepung kue beras yang dibaluri oleh saus pedas. Sebagai street food, tteokbokki bisa ditemukan cukup mudah karena berada di setiap sudut Korea Selatan....
  • HOT !
    Kolaborasi dari restoran makanan cepat saji KFC dan merek sepatu sandal karet yang terkenal Crocs, menghasilkan sepatu sandal unik. KFC berupaya menciptakan sesuatu yang autentik untuk mewakili hasil kulinernya....
  • HOT !
    Di musim panas kali ini banyak orang mencari tempat liburan tapi tetap menjaga jarak sosial agar aman dari pandemi COVID 19. Seperti, beberapa orang Belgia yang berlibur dengan berkemah di tenda berbentuk air mata yang tergantung di pohon....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)