home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Smartphone Masa Depan Gunakan Pendingin Air

Kamis, 20 Juni 2013 10:00 by miko | 2014 hits
Smartphone Masa Depan Gunakan Pendingin Air
pendidikan-iptek.pelitaon

DREAMERSRADIO.COM - Panas berlebihan yang muncul dari smartphone yang tengah digunakan menjadi hal yang mulai mengkhawatirkan. Hal itu dikarenakan performa prosesor mobile yang semakin meningkat. Tapi kini masalah tersebut mulai menjadi masalah serius dan mulai dilakukan inovasi dengan menggunakan air.

Panas berlebihan bukan hanya menganggu kenyamanan, tetapi juga mempengaruhi stabilitas perangkat yang bersangkutan. Karena itulah pertengahan Mei lalu, NEC, pabrikan Jepang memperkenalkan model smartphone pertama yang dilengkapi dengan peredam panas berbasis benda cair.

Smartphone itu kemudian diberi nama Medias X. Cara kerja teknologi peredam panas pada Medias X mirip dengan sistem pendingin mesin pada kendaraan bermotor, menggunakan cairan yang dialirkan lewat pipa ke sumber panas (prosesor), lalu dibawa ke radiator untuk membuang panas.

Sementara itu, NEC mengklaim metode ini mampu secara efektif meredam panas yang dihasilkan oleh prosesor smartphone berkinerja tinggi. Dilansir dari Digitimes, para pemain besar seperti Apple, Samsung, dan HTC tertarik menggunakan teknologi peredam panas serupa pada produk-produknya.

Baca juga: Begini Lho Cara Tepat Charger Handphone yang Bikin Baterai Awet

Sumber yang dikutip situs tersebut mengatakan bahwa produsen-produsen itu bakal mulai melepas smartphone dengan pendingin berbasis cairan, secepat-cepatnya pada kuartal keempat tahun ini. Pendingin berbasis cairan sebenarnya sudah lama dikenal di dunia komputer dengan nama watercooling atau heatpipe.

Hanya saja, untuk aplikasi di smartphone, ukuran sistem pendingin harus diciutkan sekecil mungkin. Pipa penghantar cairan (heatpipe) pada NEC Medias X, misalnya, hanya berdiameter 0,6 mm, jauh lebih kecil dibanding pipa serupa pada laptop tipis ultrabook yang memiliki garis tengah 1-1,2 mm.

 Saat ini terdapat beberapa produsen komponen yang mampu memproduksi heatpipe berdiameter 0,6 mm, di antaranya Furukawa Electric, Auras, TaiSol Electronics, dan Chaun-Choung Technology. Namun, metode manufaktur mereka masih harus ditingkatkan karena hanya mampu menghasilkan tingkat produksi (yield rate) 30 persen.

Komentar
  • HOT !
    Selepas pandemi nanti, apabila kamu punya rencana berlibur ke Pulau Jeju pastikan untuk pergi ke tempat yang unik dan menarik agar perjalanan liburan menjadi menyenangkan dan tak terlupakan. Pilihlah lokasi wisata yang menyuguhkan pesona luar biasa dan pastinya Instagram able....
  • HOT !
    Sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebab memberi sumber energi untuk menjalani aktivitas. Berbagai makanan bisa jadi menu sarapan, seperti deretan makanan yang populer di Korea Selatan ini....
  • HOT !
    Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare yang wajib digunakan bagi setiap orang. Karena sunscreen melindungi kulit dari efek paparan sinar UV seperti terbakar matahari (sunburn), penuaan kulit, flek hitam bahkan kanker kulit....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)