home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Setelah Delta, Ahli Ingatkan Agar Waspada Munculnya Varian Baru Super di Indonesia

Rabu, 25 Agustus 2021 15:00 by rizaluthfiah | 1549 hits
Setelah Delta, Ahli Ingatkan Agar Waspada Munculnya Varian Baru Super di Indonesia
Image Source : Health Detik

DREAMERS.ID - Pandemi virus corona atau COVID-19 seperti tidak kunjung usai. Setelah varian Delta, baru-baru ini pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menilai varian baru Covid-19 yang lebih mematikan atau yang dikenal dengan varian super bisa muncul di Indonesia.

Hal ini dikarenakan setidaknya ada 50 ribu kasus setiap hari yang tidak berhasil terdeteksi karena jumlah tes COVID-19 masih terbatas. "Gelombang serangan Delta ini belum selesai, belum berakhir, masa krisis masih ada."

"Bahwa kita sudah melampaui puncak tapi untuk Jawa Bali secara umum iya, tapi belum selesai masa krisis ini," kata Dicky dikutip dari Detik Health.

Meski kasus COVID-19 yang dilaporkan secara resmi menurun, Dicky menyoroti angka kematian Corona di Indonesia meningkat 4,14 persen selama PPKM berjalan. Tak hanya itu, jumlah orang yang dites COVID-19 juga jauh lebih rendah dari sebelumnya.

Baca juga: Ada Homolog dan Heterolog, Ayo Pahami Juga 5 Merek Sebelum Dapat Vaksin Booster!

"Masa depan dari kurva kita ini, gelombang kita, pandemi kita, akan ditentukan oleh kita. Manusia, baik yang ada di masyarakat, pemerintahan, dan swasta dan lain sebagainya, perilaku manusia dan aksi intervensi manusia, 5M, 3T, vaksinasi," tegas Dicky.

Lebih lanjut melansir Detik Health, Dicky menegaskan mayoritas penduduk di Indonesia, termasuk di Jawa Bali masih dalam kondisi rawan. Laju penularan COVID-19 masih sangat tinggi. Pasalnya, angka positivity rate rata-rata sejak wabah varian Delta menyerang, berada di atas 20 persen.

"Tes per-seribunya menurun dari harusnya secara nasional 1 orang dites per 1.000 populasi per minggu, ini hanya 0,4. Menurun, di tengah kondisi saat ini adalah untuk menemukan satu kasus terkonfirmasi COVID-19 hanya perlu 4 orang dites, ketemu," sebut dia.

"Itu artinya tinggi, positivity rate kita rata-rata di atas 20 persen sejak masa gelombang varian Delta ini, dan ini berbahaya," pungkasnya.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Setiap tahunnya selalu ada tren baru di dunia kecantikan, dimulai dari skincare dan juga make up yang semakin trendy dan wajib untuk dicoba. Tidak hanya untuk urusan wajah, namun juga perawatan tubuh....
  • HOT !
    Kimchi Jjigae merupakan salah satu hidangan favorit yang disantap sebagai makanan sehari hari oleh warga Korea Selatan. Hidangan berkuah ini juga dinikmati oleh banyak turis internasional, termasuk Indonesia....
  • HOT !
    Setelah dikulik, ternyata banyak peristiwa membanggakan yang terkumpul untuk Tanah Air sepanjang tahun 2021 lho, Dreamers! Terlebih, prestasi yang ditorehkan pun berskala internasional. Apa saja momen momen menyenangkan tersebut yang datang dari atlet kebanggaan kita?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)