home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Mendeteksi Ancaman Spyware Pegasus Bagi Pengguna iPhone

Selasa, 10 Agustus 2021 12:45 by rizaluthfiah | 1789 hits
Cara Mendeteksi Ancaman Spyware Pegasus Bagi Pengguna iPhone
Image Source : Cyberthreat

DREAMERS.ID - Beberapa hari belakangan ini media sosial sedang diramaikan dengan pembahasan kemunculan spyware pegasus versi terbaru yang mengancam bagi pengguna iPhone. Spyware ini buatan perusahaan perangkat lunak asal Israel, NSO Group.

Spyware ini bisa mengakses pesan teks, email, panggilan telfon yang bisa direkam serta kamera dalam ponsel untuk mengawasi segala aktivitas kamu sehari-hari. Sejumlah laporan mengeklaim pembaruan terbaru iOS 14.7.1 oleh Apple mampu menghadang eksploitasi oleh Pegasus di perangkat iPhone atau iPad.

Belum ada konfirmasi soal dari Apple, dan untuk berjaga-jaga ada beberapa langkah gratis yang bisa dilakukan guna mengetahui apakah perangkat kamu disusupi spyware Pegasus atau tidak. Dilansir dari Bisnis, Selasa (10/8/21), berikut caranya.

1. Unduh aplikasi iMazing di Mac atau PC 

Aplikasi iMazing baru-baru ini memperbarui versi MacBook dan PC-nya untuk menyertakan Perangkat Verifikasi Seluler (MVT) Amnesty International yang dibuat untuk mendeteksi tanda-tanda Pegasus pada perangkat. Aplikasi mengeklaim tidak membebani pengguna untuk mengakses fitur tersebut. 

Jangan khawatir tentang membeli aplikasi, kamu dapat menjalankan tes spyware lengkap menggunakan uji coba gratis. Setelah diunduh, instal iMazing lalu buka. Saat diminta, pilih uji coba gratis. 

2. Tes Spyware Pegasus di iPhone atau iPad

Dengan iMazing terinstal dan berjalan, sambungkan iPhone atau iPad kamu ke komputer menggunakan kabel yang sesuai. Kamu mungkin harus memasukkan kode Layar Kunci pada perangkat kamu untuk menyetujui koneksi sebelum melanjutkanny, perlu diingat jika iPhone atau iPad kamu tidak muncul di iMazing.  

Selanjutnya, scroll ke bawah melalui opsi tindakan di sisi kanan iMazing hingga anda menemukan Detect Spyware, lalu klik di atasnya. Jendela baru akan terbuka dan memandu kamu untuk melalui prosesnya. 

Biarkan tetap terhubung hingga selesai membutuhkan sekitar 30 menit untuk membuat cadangan dan 5 menit untuk dianalisis. Seteleh iMazing selesai, kamu akan meilhat peringatan dengan hasilnya. Dalam kasus CNET iPhone 12 Pro tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi dan memiliki 0 peringatan. 

Jika terlihat adanya spyware Pegasus, pertama-tama hampus harus mengirim laporan (klik ungkap laporan untuk langsung membuka file) ke tim dukungan pelanggannya yang kemudian akan melakukan analisis lebih lanjut.  

Perusahaan menyarankan, bagaimanapun, bahwa jika kamu atau anggota keluarga aktif dalam "konteks sensitif secara politik" dan memiliki laporan positif, segera mengeluarkan kartu SIM kamu dan mematikan iPhone kamu

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)