home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Mendeteksi Ancaman Spyware Pegasus Bagi Pengguna iPhone

Selasa, 10 Agustus 2021 12:45 by rizaluthfiah | 628 hits
Cara Mendeteksi Ancaman Spyware Pegasus Bagi Pengguna iPhone
Image Source : Cyberthreat

DREAMERS.ID - Beberapa hari belakangan ini media sosial sedang diramaikan dengan pembahasan kemunculan spyware pegasus versi terbaru yang mengancam bagi pengguna iPhone. Spyware ini buatan perusahaan perangkat lunak asal Israel, NSO Group.

Spyware ini bisa mengakses pesan teks, email, panggilan telfon yang bisa direkam serta kamera dalam ponsel untuk mengawasi segala aktivitas kamu sehari-hari. Sejumlah laporan mengeklaim pembaruan terbaru iOS 14.7.1 oleh Apple mampu menghadang eksploitasi oleh Pegasus di perangkat iPhone atau iPad.

Belum ada konfirmasi soal dari Apple, dan untuk berjaga-jaga ada beberapa langkah gratis yang bisa dilakukan guna mengetahui apakah perangkat kamu disusupi spyware Pegasus atau tidak. Dilansir dari Bisnis, Selasa (10/8/21), berikut caranya.

1. Unduh aplikasi iMazing di Mac atau PC 

Aplikasi iMazing baru-baru ini memperbarui versi MacBook dan PC-nya untuk menyertakan Perangkat Verifikasi Seluler (MVT) Amnesty International yang dibuat untuk mendeteksi tanda-tanda Pegasus pada perangkat. Aplikasi mengeklaim tidak membebani pengguna untuk mengakses fitur tersebut. 

Jangan khawatir tentang membeli aplikasi, kamu dapat menjalankan tes spyware lengkap menggunakan uji coba gratis. Setelah diunduh, instal iMazing lalu buka. Saat diminta, pilih uji coba gratis. 

2. Tes Spyware Pegasus di iPhone atau iPad

Dengan iMazing terinstal dan berjalan, sambungkan iPhone atau iPad kamu ke komputer menggunakan kabel yang sesuai. Kamu mungkin harus memasukkan kode Layar Kunci pada perangkat kamu untuk menyetujui koneksi sebelum melanjutkanny, perlu diingat jika iPhone atau iPad kamu tidak muncul di iMazing.  

Selanjutnya, scroll ke bawah melalui opsi tindakan di sisi kanan iMazing hingga anda menemukan Detect Spyware, lalu klik di atasnya. Jendela baru akan terbuka dan memandu kamu untuk melalui prosesnya. 

Biarkan tetap terhubung hingga selesai membutuhkan sekitar 30 menit untuk membuat cadangan dan 5 menit untuk dianalisis. Seteleh iMazing selesai, kamu akan meilhat peringatan dengan hasilnya. Dalam kasus CNET iPhone 12 Pro tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi dan memiliki 0 peringatan. 

Jika terlihat adanya spyware Pegasus, pertama-tama hampus harus mengirim laporan (klik ungkap laporan untuk langsung membuka file) ke tim dukungan pelanggannya yang kemudian akan melakukan analisis lebih lanjut.  

Perusahaan menyarankan, bagaimanapun, bahwa jika kamu atau anggota keluarga aktif dalam "konteks sensitif secara politik" dan memiliki laporan positif, segera mengeluarkan kartu SIM kamu dan mematikan iPhone kamu

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)