home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

UNESCO Tetapkan Dataran Lumpur Korsel Sebagai Warisan Dunia

Rabu, 28 Juli 2021 15:00 by rizaluthfiah | 468 hits
UNESCO Tetapkan Dataran Lumpur Korsel Sebagai Warisan Dunia
Image Source : Korea Herald

DREAMERS.ID - Dataran lumpur atau dataran pasang surut yang dikenal sebagai Gaetbeol dalam bahasa Korea, dimasukkan ke dalam daftar warisan dunia UNESCO pada hari Senin (26/07).

Keputusan akhir tentang daftar dataran pasang surut dibuat selama sesi ke-44 Komite Warisan Dunia yang berlangsung di Fuzhou, Cina. Pertemuan dilakukan secara online karena pandemi global.

Melansir laman Korea Herald, sebanyak empat dataran pasang surut yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO meliputi wilayah pesisir Seocheon di Provinsi Chungcheong Selatan, Gochang di Provinsi Jeolla Utara, Sinan, Boseong dan Suncheon di Provinsi Jeolla Selatan.

Dengan daftar tersebut, Korea Selatan kini memiliki 15 situs warisan dunia yang dituliskan di UNESCO. Dataran pasang surut adalah warisan alam tertulis kedua di negari ginseng setelah Pulau Vulkanik Jeju dan Tabung Lava.

"Sebagai kepala badan warisan nasional untuk Republik Korea, saya sangat senang melihat nominasi gaetbeol kami berhasil masuk dalam daftar warisan dunia," kata Kim Hyun Mo, kepala Administrasi Warisan Budaya.

“Gaetbeol adalah habitat alami yang kritis secara internasional yang menopang berbagai spesies yang sangat beragam," imbuhnya. Kim menambahkan bahwa CHA berkomitmen penuh untuk bekerja sama erat dengan semua pemangku kepentingan terkait untuk mendukung konservasi gaetbeol.

Menurut CHA, anggota komite UNESCO mengakui nilai universal yang luar biasa dari gaetbeol, karena ini adalah salah satu tempat persinggahan paling penting di dunia untuk burung yang bermigrasi.

Setelah pengumuman daftar tersebut, Komite Warisan Dunia juga merekomendasikan Korea Selatan untuk mengajukan daftar tambahan dataran pasang surut sebelum sesi ke-48 yang akan diadakan pada tahun 2025.

Baca juga: SEVENTEEN Sampaikan Pesan Solidaritas dan Harapan di Forum Pemuda UNESCO

Serta meminta Korea Selatan untuk mempersiapkan sistem manajemen terpadu untuk dataran pasang surut, dan memperkuat kerjasamanya dengan masyarakat internasional untuk melindungi burung migran yang terancam punah.

“Kami akan berbicara secara rinci dengan pemerintah daerah untuk daftar tambahan dataran pasang surut,” kata Direktur Divisi Warisan Dunia CHA Yeo Sung Hee kepada Korea Herald pada hari Selasa (27/7).

Sementara itu, Kemitraan Jalur Terbang Asia-Australasian Timur (EAAFP) yang telah mendukung prasasti UNESCO dataran pasang surut Korea Selatan mengatakan akan bekerja sama lebih lanjut dengan CHA.

EAAFP adalah jaringan 18 mitra dalam Jalur Terbang Asia Timur-Australasia dan terutama bertujuan untuk melindungi burung air yang bermigrasi dan habitatnya. Mitranya termasuk negara-negara seperti Australia, Indonesia, Jepang dan Filipina.

“Kami mendukung daftar gaetbeol karena ini adalah tempat penting bagi burung yang bermigrasi untuk beristirahat. Jika (area) ini hilang, burung tidak mungkin bermigrasi,” kata Program Officer EAAFP Do Hye-seon.

Dia menambahkan bahwa lebih penting untuk menetapkan langkah-langkah guna melindungi situs daripada terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO itu sendiri.

“Kami akan memberikan konsultasi ketika pemerintah Korea Selatan memintanya. Juga karena daftar gaetbeol tambahan harus dibuat berdasarkan habitat burung yang bermigrasi, kami berencana untuk menghubungkan pemerintah Korea Selatan dengan badan penasihat eksternal yang diperlukan dari luar negeri,” katanya.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)