home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Matahari Buatan Korea Selatan Catat Rekor Dunia Baru

Rabu, 30 Desember 2020 19:10 by RizkiSetiawaan | 477 hits
Matahari Buatan Korea Selatan Catat Rekor Dunia Baru
Image Source: futurism.com

DREAMERS.ID - Reaktor fusi Korea Selatan yang menciptakan matahari buatan mencetak rekor dunia baru minggu ini. Matahari buatan negeri ginseng itu empertahankan suhu lebih dari 100 juta derajat, lebih panas dari inti matahari, selama 20 detik.

Rekor itu adalah dua kali lebih lama dari sebelumnya. Matahari buatan dari Korea Selatan dikerjakan oleh Korea Superconducting Tokamak Advanced Research (KSTAR) dengan bantuan dari Seoul National University dan Columbia University.

Direktur Yoon Si Woo dari Pusat Penelitian KSTAR menyebut pencapaian tersebut sebagai “titik balik penting dalam perlombaan untuk mengamankan teknologi untuk operasi plasma berkinerja tinggi yang panjang, komponen penting dari reaktor fusi nuklir komersial di masa depan.”

Menjadikan energi fusi sebagai sumber energi terbaru yang layak dan berkelanjutan telah terbukti menantang meskipun telah dilakukan penelitian selama beberapa dekade. Reaksi fusi sangat sulit dikendalikan, karena hanya dapat terjadi pada tingkat tekanan dan suhu yang sangat tinggi.

Ion dan elektron di dalam reaktor hanya dapat mempertahankan keadaan plasma yang diperlukan untuk terjadinya reaksi jika suhu ini dipertahankan. KSTAR memiliki tujuan ambisius dalam pikirannya untuk reaktor: mempertahankan 300 detik pada 100 juta derajat hanya dalam lima tahun.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Vaksin booster sudah direncanakan oleh sejumlah negara, khususnya akan diberikan kepada tenaga medis. Namun Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menekankan suntikan booster vaksin Covid 19 sebaiknya ditunda, setidaknya sampai akhir September mendatang....
  • HOT !
    Gigit medali menjadi salah satu pose ikonik saat seorang atlet meraih medali. Tidak hanya di Olimpiade, di ajang lainnya yang berkaitan dengan medali pun tetap dilakukan. Apa sebenarnya makna atau alasan dari menggigit medali?...
  • HOT !
    Demam hallyu wave atau budaya pop asal Korea Selatan terus merambah di segala penjuru dunia terutama di kalangan anak muda. Salah satu agenda yang wajib para pencinta K Pop kunjungi saat ke sana yaitu tempat makan favorit idol....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : madumagastrolforte
Cast : magastrol forte

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)