home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Koneksi 5G di Indonesia Sudah Siap Tahun 2021?

Sabtu, 19 Desember 2020 07:00 by RandyW | 1100 hits
Koneksi 5G di Indonesia Sudah Siap Tahun 2021?
Image Source: Berca Hardayaperkasa

DREAMERS.ID - Kabar dari 5G masuk ke Indonesia semakin jelas terdengar. Kabarnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mengadakan penggelaran jaringan 5G diterapkan di Indonesia pada tahun 2021.

Melansir laman Detik, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo mengatakan pemerintah sangat berkomitmen dalam mengadakan jaringan 5G di Indoensia.

"Kalau sejauh mana punya komitmen 5G, jelas pemerintah sangat komitmen pengembangan 5G," kata Widodo dalam webinar Forest Interactive, yang dikutip dari CNN Indonesia.

Namun Kominfo masih mengerjakan PR berupa meratakan akses internet, di mana saat ini ada 12.548 desa dan kelurahan yang belum teraliri akses sinyal 4G. "Agar semua masyarakat terlayani kebutuhan internetnya, 4G menjadi salah satu prioritas kita," lanjut Widodo.

"Namun demikian, roadmap yang disampaikan dan telah dikaji oleh satuan tugas kami di Kominfo itu kita sudah bergerak kepada 5G. Ternyata, 5G ini butuh lompatan yang lebih besar dibandingkan 3G ke 4G. 5G ini membutuhkan lompatan besar, sehingga tahun 2021 kita akan bisa menggunakan 5G," ungkapnya.

Nantinya, jaringan 5G dibagi menjadi tiga layer, diantaranya:

- Lower layer terdapat pita frekuensi 700 MHz, 800 MHz, dan 900 MHz.

- Middle layer ada 1,3 GHz, 2,1 GHz, 2,3 GHz, 2,6 GHz, 3,3 GHz, dan 3,5 GHz.

- High layer itu ada di 26 GHz dan 28 GHz.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)