home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Manfaat Positif dari Melakukan 'Digital Detox', Apa Itu?

Kamis, 05 November 2020 07:20 by RizkiSetiawaan | 541 hits
5 Manfaat Positif dari Melakukan 'Digital Detox', Apa Itu?
Image Source: HRZone

DREAMERS.ID - Pernah dengar istilah digital detox atau detoksifikasi digital? Yaitu menekan intensitas menggunakan gadget yang bisa mengurangi kecemasan hingga meningkatkan kesehatan fisik kalian, dan banyak manfaat positif lainnya.

Menurut Time To Log Off sebuah situs detox digital, setiap orang sekarang menghabiskan banyak waktu secara online, dan memeriksa ponsel cerdas kami setiap 12 menit. Selama bertahun-tahun, banyak penelitian yang menunjukkan korelasi yang kuat antara penggunaan media sosial dan depresi dan kecemasan.

Melansir hivelife.com, berikut adalah 5 alasan mengapa kalian harus mempertimbangkan detoksifikasi digital.

Tingkatkan Kesehatan Mental Anda

Penggunaan media sosial yang tidak terlalu sering memiliki resiko kecil untuk mengalami depresi, di sisi lain anak muda yang pada umumnya pengguna berat medsos lebih cenderung mengalami tekanan mental.

Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Saat menggunakan media sosial, biasanya orang akan mengamati laman orang lain yang menimbulkan iri hingga rasa benci lalu mencoba hidup seperti orang tersebut. Hal itu juga dapat membuat mereka merasa rendah diri, kehilangan harga diri yang berlebihan, sehingga meningkatkan kecemasan.

Ubah Cara Kamu Mencari Pengakuan

Dengan mengunggah sesuatu di media sosial, pengguna cenderung ingin mendapatkan pujian atau kekaguman dari orang lain, atau lebih tepatnya memancing 'suka'. Hal ini tidak hanya memicu keraguan dan kebencian pada diri sendiri, tetapi juga dapat menyebabkan hal-hal seperti bullying hingga bunuh diri.

Tingkatkan Kesehatan Fisik Anda

Thomas Stevenson, seorang blogger pemasaran di Draftbeyond dan Researchpapersuk mengatakan, "Penggunaan media sosial dan perangkat digital yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik Anda dengan menciptakan masalah kesehatan dan masalah tidur.”

Lebih Terlibat dengan Aktivitas Dunia Nyata

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang untuk bermain media sosial, semakin besar kemungkinan mereka akan terputus dari aktivitas dunia nyata. Seperti menghadiri acara secara langsung, berkumpul dengan teman dan keluarga dll.

Sebenarnya, bersosialisasi di dunia nyata membantu menurunkan risiko depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Perubahan cuaca maupun kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah dapat menyebabkan beruntusan. Terlebih jika kamu kurang bersih dalam menghapus make up, sisa make up yang tertinggal dapat menyebabkan pori pori tersumbat....
  • HOT !
    Lahan yang bekas dijadikan tempat penambangan biasanya akan meninggalkan gua gua yang terbengkalai. Namun gua satu ini disulap untuk dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang sangat menarik....
  • HOT !
    HYBE mengungkap lebih banyak informasi tentang cerita asli yang dibuat bekerja sama dengan BTS, TXT, dan ENHYPEN! Original Stories ini akan menampilkan berbagai konten seperti web comic dan web novel berdasarkan kekayaan intelektual (IP) cerita unik yang dikembangkan oleh HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)