home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Sepelekan Buka Masker Walau Cuma Selfie di Tengah Pandemi

Jumat, 02 Oktober 2020 07:15 by bonita99 | 326 hits
Jangan Sepelekan Buka Masker Walau Cuma Selfie di Tengah Pandemi
Image source: BP Guide

DREAMERS.ID - Di masa pandemi ini semua masyarakat diwajibkan untuk memakai masker untuk mencegah penularan virus corona. Namun masih banyak yang tidak mematuhi aturan di era new normal ini, dan terkadang membuka masker hanya untuk kebutuhan foto.

Mungkin kita juga melakukan hal tersebut tanpa sadar dengan alasan yang sering dikatakan "Cuma sebentar, pas foto saja kok, hanya 2 kali jepret" atau "Ini pakai masker kok gaes, pas foto aja dilepas." Ternyata kebiasaan kecil yang dinilai sepele itu bisa meningkatkan potensi penularan virus corona. 

Melansir CNN Indonesia, Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang juga Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban mengatakan, sekalipun hanya hitungan detik, membuka masker saat berfoto bersama akan membuka celah risiko penularan apalagi jika berada di ruang tertutup.

"Dan lebih berbahaya lagi kalau buka masker, foto bersamanya tidak di halaman, namun di ruang yang tertutup yang pakai AC sehingga jendela dan pintu tidak terbuka, ini lebih berbahaya. Kan penularannya lewat droplet dan lewat airborne, airborne itu yang lewat udara ini yang menjadikannya lebih berbahaya. Lebih mudah menular sekarang ini," kata Zubairi.

Disarakan untuk tetap memakai masker saat foto, jika terpaksa dilepas pastikan jarak antara satu orang dengan yang lain harus lebih 2 meter. Pastikan untuk tidak memakai masker berbahan scuba atau buff. Sebab masker ini dinilai tidak efektif menangkal virus.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Pada 7 Agustus lalu, pemerintah kota Seoul secara resmi membuka kembali kawasan Gwanghwamun Square, setelah direnovasi besar besaran selama dua tahun. Publik menyambut baik wajah baru dari landmark utama di pusat ibu kota tersebut....
  • HOT !
    Kimbab menjadi makanan khas Korea yang akan membuat kita teringat dengan karakter Woo Young Woo dari drama Extraordinary Attorney Woo. Aslinya, tempat yang menjadi lokasi syuting kedai milik ayah Woo Young Woo tidak menjual kimbab....
  • HOT !
    NCT 127 telah terpilih sebagai Brand Ambassador atau Duta Asia Pasifik (APAC) PUMA yang baru dan akan mempromosikan merek tersebut di 15 negara di Asia dan Oseania....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)