home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kumpulan Foto 40 Tahun Lalu Ini Tunjukkan Bali yang Asli Saat Masih Jadi 'Pulau Tak Dikenal'

Jumat, 05 Mei 2017 09:57 by reinasoebisono | 10564 hits
Kumpulan Foto 40 Tahun Lalu Ini Tunjukkan Bali yang Asli Saat Masih Jadi 'Pulau Tak Dikenal'
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Bali sudah jadi ikon wisata Indonesia untuk masyarakat dunia. Mulai wisata ‘mewah’ nan berkelas, hingga jadi tujuan utama para backpackers. Keramaian dan antusias wisatawan membuat Bali sekarang membuka beberapa lokasi wisata baru.

Namun tak banyak yang tahu seperti apa rupa Pulau Dewata sebelum jadi primadona travellers. Berbentuk sebuah pulau yang tak terlalu besar, ternyata Bali pernah menjadi ‘pulau tak dikenal’ sekitar 40 tahun yang lalu. Pemandangan langka yang mungkin tak akan terulang itu sempat diabadikan oleh seorang traveler bernama Clifford White.

White berhasil mengabadikan pemandangan Bali yang ‘murni’ dan asli, termasuk Pantai Kuta yang terkenal. Bedanya, lokasi wisata hits tersebut masih sepi dan terlihat seperti bagian tak terjamah manusia. Wajar, foto-foto ini diambil sekitar tahun 1975 dan 1977.


Baca juga: Heboh Leonardo DiCaprio dan Tobey Maguire di Bali

Potret ini memperlihatkan betapa aslinya Bali dulu sebelum banyak adanya bangunan hotel, bar hingga toko suvenir. Seperti yang ditulis di atas, pantai-pantai di sana pun terlihat masih harus membutuhkan usaha ekstra agar bisa sampai di sana.

Salah satu yang menarik adalah Jalan Tegal Wangi yang kini merupakan bagian tersibuk di Pantai Kuta dengan gedung-gedung modern, ternyata dulu adalah jalan kecil yang sangat tenang. Bahkan media asing Daily Mail pun turut membahas pemandangan tak biasa via jepretan Clifford White ini.



Tegal Wangi

Lebih lanjut diceritakan, penerbangan murah dan liputan dari berbagai media asing membuat Bali dibanjiri wisatawan mancanegara, bahkan hingga kini. Bali memang diperkirakan menerika sekitar 4 juta wisatawan asing setiap tahunnya.

(rei/image: Daily Mail)

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)