home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Simpel Ponsel Harus Dimatikan di Pesawat daripada Aktifkan Mode Airplane

Senin, 01 Mei 2017 16:06 by reinasoebisono | 3205 hits
Alasan Simpel Ponsel Harus Dimatikan di Pesawat daripada Aktifkan Mode Airplane
Image source: Verizon

DREAMERS.ID - Ponsel zaman sekarang memang sudah memiliki mode khusus pesawat terbang atau airplane mode yang akan menonaktifkan seluruh fungsi komunikasi. Hanya saja, pengguna masih bisa menggunakan ponselnya karena tidak dalam kondisi mati.

Namun, melansir Tribunnews, kru kabin pesawat terbang seringkali tetap meminta penumpang untuk mematikan ponsel seluruhnya ketimbang hanya mengaktifkan airplane mode. Hal ini diminta terutama saat proses lepas landas dan mendarat. Sebenarnya apa alasannya?

Alasannya sangat sederhana dan tidak serta merta tentang ancaman teknis seperti yang selama ini dipikirkan. Membuat radar dan alat komunikasi pesawat mati? Bukan karena itu, Dreamers, alasannya lebih ke masalah psikologis penumpang.

Ternyata, alasan mematikan ponsel saat terbang dengan pesawat adalah untuk meningkatkan konsentrasi penumpang. Termasuk alasan kru kabin meminta seluruh penumpang melepaskan earphone dan headset yang dipakai saat lepas landas dan mendarat.


Image source: pocketnews

Baca juga: Mulai Oktober 2021, Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Pakai PeduliLindungi

Yang ditekankan adalah agar konsentrasi penumpang tak terganggu dan lebih mampu mendeteksi situasi darurat serta fokus pada situasi di sekitarnya. Menggunakan perangkat gadget dipercaya akan membuat perhatian penumpang teralihkan.

“Seharusnya, kita fokus terhadap situasi di sekitar, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, terutama saat proses lepas landas dan mendarat, penumpang bisa merespon kejadian darurat dengan cepat,” ujar seorang kru kabin maskapai berwarna latar merah.

Karena itu, pengguna gadget seringkali tak mampu merespon suatu kejadian terutama dalam situasi darurat yang diperlukan untuk menyelamatkan diri secara cepat. Penumpang biasanya baru diizinkan menggunakan kembali gadget saat pesawat telah memasuki ketinggian jelajah.

Tak hanya pada saat lepas landas atau mendarat, kru kabin akan kembali melarang penggunaan gadget jika pesawat dihadang kondisi cuaca yang buruk. Intinya, tetap fokus pada keadaan sekitar saat di pesawat terbang terutama saat terjadi situasi darurat dan turbulensi ya, Dreamers.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini rumah hantu bertemakan ‘Rumah Sandekala’ menjadi salah satu wahana rumah hantu yang menjadi perbincangan dikalangan penggemar horor, khususnya penggemar Jurnal Risa. Wahana ini dibentuk atas kerjasama antara Risa Saraswati dengan Otello Asia, selaku promotor....
  • HOT !
    Las Vegas berubah menjadi Borahaegas melalui proyek ‘The City’ yang digagas HYBE. Kedatangan mereka untuk konser ‘PERMISSION TO DANCE ON STAGE – LAS VEGAS’ selama dua pekan terakhir, diiringi dengan berbagai event menarik di kota tersebut....
  • HOT !
    Sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan saat siang hari meskipun kalian berada didalam atau diluar ruangan. Hal ini dilakukan untuk melindungi dan juga menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)