home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Main Ponsel Sambil Tiduran Bisa Picu Kebutaan Sementara!

Sabtu, 25 Maret 2017 13:00 by fzhchyn | 6079 hits
Hati-hati, Main Ponsel Sambil Tiduran Bisa Picu Kebutaan Sementara!
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Dreamers, apa kamu punya kebiasaan menggunakan smartphone sambil berbaring? Jika iya, sebaiknya kebiasaan ini harus segera dihentikan karena bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatan mata bahkan menyebabkan kebutaan.

Dilansir dari Merdeka, dalam sebuah penelitian yang diunggah di New England Journal of Medicine, terjadi kasus kebutaan sementara monokular (satu mata) akibat melihat smartphone sambil tiduran.

Dalam kasus ini, disebutkan bila ada dua orang wanita berusia 22 dan 40 tahun yang mengeluhkan satu mata mereka tiba-tiba tidak bisa melihat selama beberapa bulan. Sekali gejala kebutaan ini muncul, bisa berlangsung sampai 15 menit sebelum penglihatan mereka kembali seperti semula.

Awalnya tim dokter mengira kebutaan sementara satu mata ini terjadi karena stroke ringan akibat penyumbatan pembuluh darah di otak. Namun, setelah semua tes kesehatan menyatakan bahwa dua wanita tadi tidak mengalami masalah kesehatan.

Baca juga: Hati-hati, Keseringan Pegang Ponsel Hanya Dengan Satu Tangan Beri Dampak Berbahaya

Semua terjawab setelah dokter dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London, Gordon Plant, bertanya kapan gejala kebutaan sementara itu terjadi. Tak disangka keduanya sama-sama menjawab bila kebutaan itu muncul saat menggunakan smartphone sambil berbaring dengan satu mata melihat smartphone, sementara mata lain tertutup bantal.

Aktivitas seperti ini memaksa satu mata beradaptasi dengan layar terang smartphone, di saat mata lain berada dalam 'kegelapan' atau tertutup. Nah, tim dokter akhirnya mengkategorikan gejala tadi sebagai kebutaan sementara akibat smartphone.

Untungnya, tim dokter menyebut bila kebutaan ini tidak mengindikasikan adanya penyakit serius dan bisa dihindari dengan menatap smartphone dengan kedua mata. Tentu, akan lebih baik bila kita tidak menggunakan smartphone terlalu sering saat tiduran.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)