home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sabun Mandi Tidak Baik Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Mitos atau Fakta?

Kamis, 11 Agustus 2022 13:30 by Rie127 | 823 hits
Sabun Mandi Tidak Baik Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Mitos atau Fakta?
Image Source: Klik Dokter

DREAMERS.ID - Di media sosial kerap ditemukan unggahan beberapa orang yang masih mencuci wajah menggunakan sabun mandi. Cara ini masih menjadi perdebatan oleh netizen, karena sabun mandi dianggap dapat merusak kesehatan kulit wajah.

Melansir dari Bryrdie, sabun mandi mengandung garam alkali yang berasal dari asam lemak rantai panjang dengan pH 9-10. Bahkan tidak jarang ada produk sabun yang memiliki kandungan deterjen di dalamnya.

Menurut ahli kulit, mencuci wajah menggunakan sabun mandi tidak dianjurkan. Menurut seorang dokter kulit bernama Dr. Snehal Amin M.D., FAAD mengungkap pH yang ada dalam sabun batangan berbeda bila dibandingkan dengan kebutuhan kulit.

Sabun mandi memiliki pH 9-10, dan pH alami kulit hanya berkisar 4-5 saja. Perbedaan pH ini dapat memicu berbagai masalah pada kulit. Lebih lanjut dokter kulit lain yang bernama Dr. Amanda Doyle M.D., FAAD juga menjelaskan tidak semua sabun batangan dibuat dengan cara yang sama.

Meskipun begitu Doyle menegaskan agar orang-orang lebih memilih pembersih wajah jenis cair yang memang diperuntukkan bagi wajah daripada sabun mandi. Hal ini karena produk pembersih wajah cair yang memang telah diformulasikan khusus untuk membersihkan wajah sehingga akan lebih aman.

Mengutip dari laman Healthline, ada beberapa produk sabun yang mengandung parfum dan pewarna. Dua bahan ini bisa memicu iritasi pada kulit wajah. Selain itu, pemakaian sabun mandi untuk membersihkan muka juga dapat membuat kulit jadi memerah, gatal, hingga kemunculan bercak pada wajah.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)