home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pahami tentang OCD, Penyakit yang Diderita Aliando Syarief

Jumat, 28 Januari 2022 15:45 by bellaevania | 1509 hits
Pahami tentang OCD, Penyakit yang Diderita Aliando Syarief
Image Source: Viva

DREAMERS.ID - Lama tak terlihat dengan karya baru, Aliando Syarief mengungkap bahwa dirinya didiagnosa mengidap penyakit OCD atau obsessive compulsive disorder.

Bintang film dan sinetron itu mengaku pernah mengalami hal serupa saat duduk di kelas 2 SD. Namun, semakin parah sekarang di usianya 25 tahun. Efek yang dirasakan Aliando sendiri adalah timbulnya imajinasi aneh yang membuatnya terganggu saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan hingga mandi.

"Nafsu makan nggak ada, terlalu stres, frustrasi, depresi dengan hal tersebut. Pikiran negatifnya masuk ke situ semua. OCD ekstrem, ini mau mandi aja ribet kadang. Mau makan tuh susah. Bisa punya imajinasi dan ilusi aneh-aneh. Kadang ya gitu," tutur Aliando saat live di Instagram pribadinya.

Lalu apakah yang dimaksud dengan OCD? Mengutip Alodokter, OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Bila tidak dilakukan, penderita OCD akan diliputi kecemasan atau ketakutan.

Gejala OCD adalah gangguan pikiran yang menimbulkan rasa cemas atau takut terus menerus, dan perilaku yang dilakukan berulang kali guna menghilangkan kecemasan tersebut. Sayangnya, OCD tidak bisa disembuhkan.

Namun, pengidap bisa meredakan gejala yang mengganggu aktivitas mereka dengan menjalani beberapa perawatan. Pengobatan OCD bertujuan untuk mengendalikan gejala yang muncul, sehingga metode yang dilakukan tergantung kepada tingkat keparahan gejala.

Metode pengobatan bagi penderita OCD dapat berupa terapi perilaku kognitif, pemberian obat antidepresan, atau kombinasi dari kedua metode tersebut.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Jisoo BLACKPINK kembali dipilih sebagai duta global untuk sebuah brand ternama. Baru baru ini, idola K Pop itu secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador Cartier!...
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Berbicara tentang skincare pasti tidak akan ada habisnya, setiap orang memiliki kepercayaan dan keyakinan sendiri dalam merawat kulit wajah yang tentunya disesuaikan dengan kondiri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)