home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bedah 12 Kepala Jenazah yang Diawetkan, Peneliti Temukan Bagian Tubuh Baru Manusia!

Sabtu, 25 Desember 2021 20:00 by reinasoebisono | 1377 hits
Bedah 12 Kepala Jenazah yang Diawetkan, Peneliti Temukan Bagian Tubuh Baru Manusia!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Para peneliti baru-baru ini menghebohkan karena berhasil menemukan bagian tubuh baru yang belum pernah diketahui apalagi dijelaskan sebelumnya. Di sebelah manakah bagian tubuh yang memecahkan rekor manusia ini?

Melansir Detik, bagian tersebut merupakan lapisan otot yang dalam di bagian belakang pipi atau otot masseter. Lapisan otot ini berfungsi untuk mengangkat rahang bawah dan sangat penting untuk mengunyah.

Karena itu, sebenarnya otot masseter ini berasal dari Bahasa Greek masasthai, yang berarti ‘to chew’ atau ‘untuk mengunyah’. Dalam buku teks anatomi modern, otot masseter digambarkan memiliki dua lapisan yaitu lapisan dalam dan lapisan dangkal.

Beberapa ahli terdahulu pun curiga jika otot ini memiliki satu lapisan lagi di bagian dalam namun belum berhasil mengungkapnya. Nah, tim peneliti dari University of Basel, Swis mencoba mencari tahu lebih lanjut soal keberadaan lapisan tersebut. Peneliti lalu membedah 12 kepala mayat yang telah diawetkan. Selain itu mereka juga mengambil CT scan mayat yang baru meninggal.

Lewat penelitian ini, para peneliti pun berhasil mengidentifikasi lapisan ketiga otot masseter tersebut. Lapisan otot ini memang berada sangat dalam dan membentuk tulang pipi serta dapat dirasakan di depan telinga.


Image source: Science Alert

"Bagian dalam dari otot masseter ini jelas dapat dibedakan dari dua lapisan lainnya dalam hal jalur dan fungsinya," penulis pertama Szilvia Mezey, seorang dosen senior di Departemen Biomedis di Universitas Basel di Swiss, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Bagian tubuh ini dibilang baru ditemukan karena lapisan ketiga ini berbeda dibandingkan dengan dua lapisan lain, baik dari segi jalur mau pun fungsinya. Lapisan otot ini membantu untuk menstabilkan rahang bawah.

Peneliti Szilvia mengatakan lapisan ini merupakan satu-satunya bagian masseter yang dapat menarik tulang rahang ke belakang. Tim peneliti pun mengusulkan agar lapisan otot yang baru ini ditemukan ini diberi nama Musculus masseter pars coronoidea yang berarti bagian koronoid dari masseter.

Lebih lanjut, penemuan ini dinilai penting untuk dunia medis dan Kesehatan karena lapisan otot ini dapat membantu dokter untuk melakukan Tindakan bedah dengan lebih baik di area rahang. Dokter juga dapat merawat kondisi yang melibatkan sendi yang menghubungkan tulang rahang dengan tengkorak secara lebih baik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jisoo BLACKPINK kembali dipilih sebagai duta global untuk sebuah brand ternama. Baru baru ini, idola K Pop itu secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador Cartier!...
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Berbicara tentang skincare pasti tidak akan ada habisnya, setiap orang memiliki kepercayaan dan keyakinan sendiri dalam merawat kulit wajah yang tentunya disesuaikan dengan kondiri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)