home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Pikir-pikir Dulu Sebelum Sebar Foto Peristiwa di Media Sosial

Kamis, 04 November 2021 18:00 by muthiasp | 1157 hits
Pentingnya Pikir-pikir Dulu Sebelum Sebar Foto Peristiwa di Media Sosial
Image source: Holopis.com

DREAMERS.ID - Setiap ada peristiwa khususnya kecelakaan yang menimpa figur publik, fotonya pasti akan langsung tersebar di media sosial. Terbaru, foto-foto kecelakaan Vanessa Angel viral di medsos. Namun ada baiknya, jangan langsung menyebarkan foto-foto tersebut tanpa sensor.

Melansir Detik, pengamat teknologi Heru Sutadi mengatakan ada hasrat banyak orang, baik yang berada atau lewat di TKP ingin membagikan foto video ke orang lain. Tujuannya menginformasikan kejadian yang dialami Vanessa Angel dan keluarga.

"Namun, baiknya informasi yang disebar adalah informasi yang sifatnya berita saja ataupun kondisi kendaraan tanpa menunjukkan apa yang terjadi dengan Vanessa Angel dan suami," ujar Heru, Kamis (4/11/2021).

Heru menyatakan bahwa saat ini belum ada aturan spesifik yang mengatur penyebaran informasi kecelakaan atau bencana di ranah internet.

"Tapi, terkait penyebarluasan informasi melalui media digital atau media sosial perlu mengedepankan Think, yaitu apakah ini True, Helpful, Inspiring, Necessary dan Kind. Artinya, apakah berita ini benar? Kalaupun benar, apakah peristiwa ini membantu kita, menginspirasi, perlu disebarkan dan baik disebarkan," tuturnya.

Lebih lanjut, Heru juga mengingatkan bahwa netizen perlu mengetahui batasan, terkait apa yang perlu disebar dan mana yang tidak perlu, "Ini kan musibah, jadi kita harus berpikir juga bahwa informasi yang disebar akan berdampak bagi keluarga."

Baca juga: Daftar Selebriti Tanah Air yang Meninggal di Tahun 2021

"Kehilangan orang saja sudah berat bagi keluarga, apalagi harus melihat video atau foto kondisi almarhum di TKP. Empati harus dikedepankan," ucap Heru.

"Apalagi ada anak kecil yang ke depannya pasti akan berat tanpa kedua orang tua disampingnya dan akan mempengaruhi psikologi anak bilamana bertebaran foto kondisi kecelakaan orang tuanya ke depannya," pungkasnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Program realiti Wooga Squad, IN THE SOOP: Friendcation membawa penonton untuk ikut berlibur bersama ke tempat tempat 'healing' yang mereka datangi. Salah satunya adalah restoran yang menjual makguksu....
  • HOT !
    Konten tentang destinasi wisata atau traveling menjadi salah satu konten yang banyak ditemukan di TikTok. Banyak kreator dan komunitas TikTok yang membagikan rekomendasi kuliner, tempat wisata hingga hidden gem di TikTok....
  • HOT !
    Penyanyi Raisa Andriana memberikan kabar berbeda kali ini, bersama sahabatnya sejak TK, Titania Fairushka, ia meluncurkan brand make up yang tidak hanya sekedar untuk mempercantik diri bagi para wanita....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : pawpetclinic
Cast : vaksin anjing mulyosari

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)