home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Pikir-pikir Dulu Sebelum Sebar Foto Peristiwa di Media Sosial

Kamis, 04 November 2021 18:00 by muthiasp | 1881 hits
Pentingnya Pikir-pikir Dulu Sebelum Sebar Foto Peristiwa di Media Sosial
Image source: Holopis.com

DREAMERS.ID - Setiap ada peristiwa khususnya kecelakaan yang menimpa figur publik, fotonya pasti akan langsung tersebar di media sosial. Terbaru, foto-foto kecelakaan Vanessa Angel viral di medsos. Namun ada baiknya, jangan langsung menyebarkan foto-foto tersebut tanpa sensor.

Melansir Detik, pengamat teknologi Heru Sutadi mengatakan ada hasrat banyak orang, baik yang berada atau lewat di TKP ingin membagikan foto video ke orang lain. Tujuannya menginformasikan kejadian yang dialami Vanessa Angel dan keluarga.

"Namun, baiknya informasi yang disebar adalah informasi yang sifatnya berita saja ataupun kondisi kendaraan tanpa menunjukkan apa yang terjadi dengan Vanessa Angel dan suami," ujar Heru, Kamis (4/11/2021).

Heru menyatakan bahwa saat ini belum ada aturan spesifik yang mengatur penyebaran informasi kecelakaan atau bencana di ranah internet.

"Tapi, terkait penyebarluasan informasi melalui media digital atau media sosial perlu mengedepankan Think, yaitu apakah ini True, Helpful, Inspiring, Necessary dan Kind. Artinya, apakah berita ini benar? Kalaupun benar, apakah peristiwa ini membantu kita, menginspirasi, perlu disebarkan dan baik disebarkan," tuturnya.

Lebih lanjut, Heru juga mengingatkan bahwa netizen perlu mengetahui batasan, terkait apa yang perlu disebar dan mana yang tidak perlu, "Ini kan musibah, jadi kita harus berpikir juga bahwa informasi yang disebar akan berdampak bagi keluarga."

Baca juga: Daftar Selebriti Tanah Air yang Meninggal di Tahun 2021

"Kehilangan orang saja sudah berat bagi keluarga, apalagi harus melihat video atau foto kondisi almarhum di TKP. Empati harus dikedepankan," ucap Heru.

"Apalagi ada anak kecil yang ke depannya pasti akan berat tanpa kedua orang tua disampingnya dan akan mempengaruhi psikologi anak bilamana bertebaran foto kondisi kecelakaan orang tuanya ke depannya," pungkasnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    YooA Oh My Girl dan Danielle NewJeans disebut memiliki wajah dan aura yang mirip. Bahkan penggemar menyebut mereka sebagai ibu dan anak. Kemiripan mereka semakin terlihat ketika secara tidak sengaja mengenakan outfit kembar....
  • HOT !
    Kulit kering membutuhkan perawatan khusus, termasuk harus memilih sabun cuci muka yang lembut dan melembabkan. Pasalnya, sabun cuci muka merupakan tahap awal skincare yang sangat penting dan menentukan....
  • HOT !
    Awal tahun lalu, diumumkan bahwa Big Hit Entertainment dan Naver akan berkolaborasi dengan menggabungkan pengguna, konten, dan layanan platform komunitas penggemar mereka Weverse dan V LIVE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Himma204
Cast : GOT7 all member, Kim Yoora, and Yugyeom parents.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)