home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makan Cokelat di Pagi Hari Membantu Mengurangi Nafsu Makan

Kamis, 07 Oktober 2021 16:30 by rizaluthfiah | 622 hits
Makan Cokelat di Pagi Hari Membantu Mengurangi Nafsu Makan
Image Souce : Virlenda

DREAMERS.ID - Cokelat adalah makanan manis yang sangat digemari oleh semua kalangan. Namun banyak yang menyimpulkan bahwa makan coklat akan menyebabkan naiknya berat badan. Cokelat memiliki reputasi sebagai penyebab obesitas tinggi.

Tetapi baru-baru ini penelitian menunjukkan bahwa cokelat sebenarnya bisa memiliki efek sebaliknya. Coklat justru diklaim dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan.

Sebuah studi menemukan bahwa jika makan coklat dalam satu jam pertama setalah bangun tidur dapat membantu membakar lemak tubuh. Selain itu juga dapat berkonstribusi pada manfaat kesehatan positif lainnya.

Sebuah penelitian kecil baru-baru ini dalam jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology menunjukkan efek yang berbeda dari cokelat pada tubuh tergantung pada waktu makannya.

Dilansir dari English Chosun, studi ini memilih 19 wanita menopause dan membuat mereka makan 100 g (542 Kkal) cokelat susu selama dua minggu kurang dari satu jam setelah mereka bangun atau satu jam sebelum tidur.

Peneliti menemukan bahwa cokelat tidak meningkatkan berat badan mereka. Faktanya, wanita yang makan cokelat di pagi hari mengalami penurunan 16 persen (300 Kkal) dalam asupan jenis makanan lain, sementara mereka yang memakannya di malam hari mengalami penurunan 10 persen (150 Kkal).

Mereka menyimpulkan bahwa makan coklat di pagi hari menurunkan nafsu makan, meningkatkan oksidasi lemak, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi obesitas perut. Makan secara teratur di malam hari membantu orang tidur lebih nyenyak.

Cokelat tidak hanya mengandung kakao dan gula, tetapi juga teobromin, kafein, dan polifenol yang dapat memiliki efek menguntungkan bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Hasilnya mungkin terdengar menarik bagi pecinta cokelat, tetapi disarankan untuk berhati-hati karena ukuran sampelnya kecil.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)