home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Warga Indonesia Hadapi Ancaman Baru Selain COVID-19, Apa Lagi Ini?

Senin, 04 Oktober 2021 14:20 by rizaluthfiah | 23222 hits
Warga Indonesia Hadapi Ancaman Baru Selain COVID-19, Apa Lagi Ini?
Image Source: Reuters

DREAMERS.ID - Indonesia belum sepenuhnya pulih karena kasus virus Covid-19 ini. Di saat yang bersamaan, tanah air juga sedang dihadapi ancaman perubahan iklim akibat polusi udara dan deforestasi (pengalihan lahan hutan) kini kian nyata.

Melansir laman CNBC Indonesia, para ilmuan dari University of Chicago hal ini tertulis dalam laporannya berjudul 'Air Quality Life Index 2021' menyebut hal ini dikarenakan polusi udara yang ditimbulkan. Bahkan, polusi akibat pembangkit listrik batubata (PLTU) yang diizinkan di Indonesia lebih tinggi dari China dan India. 

"Pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia saat ini diizinkan untuk memancarkan 3 hingga 7,5 kali lebih banyak partikel, NOx dan SO2 daripada pembangkit listrik tenaga batu bara China," ujar laporan itu.

Selain polusi udara kebakaran hutan dan deforestasi menjadi sesuatu yang digarisbawahi oleh para peneliti. Mereka mengkhususkan pada beberapa wilayah seperti Palangkaraya dan Palembang yang mengalami kabut asap pasca kebakaran hutan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Viral Penemuan Obat Minum Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19, Berikut Faktanya

Ini mengancam harapan hidup di kedua wilayah itu, artinya warga Indonesia terancam berumur pendek, "Bagi penduduk kota-kota ini, harapan hidup bisa 2 tahun lebih rendah jika mereka tidak memenuhi standar WHO," tulis penelitian tersebut.

Peneliti pun juga mengatakan beberapa benefit yang akan didapatkan Indonesia bila fokus dalam mengelola emosinya. Mereka mengklaim bahwa angka harapan hidup di Jakarta dan beberapa kota lain di Pulau Jawa bisa naik hingga di atas 5 tahun juga kualitas udara Indonesia menyamai standar WHO.

"Di pulau Jawa, pusat penduduk dan industri Indonesia, 11 juta penduduk Jakarta bisa mendapatkan rata-rata 5,5 tahun kenaikan dalam harapan hidup jika polusi partikulat memenuhi pedoman WHO," tambah laporan itu.

Sebelumnya, alarm perubahan iklim global juga sudah dialamatkan kepada Indonesia. Sebuah laporan dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim(IPCC) menemukan bahwa dunia mungkin memanas hingga 1,5°C pada awal 2030-an. Ini mengancam kota-kota seperti Jakarta.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)