home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabar Baik, Penyintas Covid-19 Kini Bisa Suntik Vaksin 1 Bulan Setelah Sembuh

Jumat, 01 Oktober 2021 15:00 by rizaluthfiah | 1085 hits
Kabar Baik, Penyintas Covid-19 Kini Bisa Suntik Vaksin 1 Bulan Setelah Sembuh
Image Souce : Kompas

DREAMERS.ID - Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, penyitas atau seseorang yang pernah mengalami positif Covid-19 kini bisa disuntikkan vaksin lebih cepat setelah satu bulan setelah dinyatakan sembuh dan hasil swab negatif.

Melansir laman CNBC Indonesia, ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/I/2524/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyitas. Dalam peraturan sebelumnya, penyintas boleh divaksinasi setelah tiga bulan dinyatakan sembuh.

Kini ketentuan di atas diubah menjadi setelah satu bulan dan tiga bulan dinyatakan sembuh, tergantung derajat keparahan penyakit. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi Covid-19, dalam aspek ilmiah dan medis, bersifat dinamis dan terus mengalami perkembangan.

"Data terkait efikasi dan keamanan vaksin juga terus digali dan disempurnakan oleh para ahli, salah satunya mengenai pemberian vaksinasi bagi sasaran penyintas Covid-19," kata Maxi, seperti dikutip CNBC Indonesia.

Dengan demikian telah ditentukan penyitas Covid-19 dengan derajat keparahan penyakit ringan sampai sedang. Vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal satu bulan setelah dinyatakan sembuh.

Sementara untuk penyitas dengan derajat keparahan penyakit yang berat, vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal tiga bulan setelah di nyatakan sembuh. Adapun jenis vaksin yang diberikan kepada penyitas disesuaikan dengan logistik vaksin yang tersedia.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)