home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemicu Penyakit Jantung Reumatik yang Lebih Banyak Dialami Perempuan

Rabu, 29 September 2021 14:00 by rizaluthfiah | 552 hits
Pemicu Penyakit Jantung Reumatik yang Lebih Banyak Dialami Perempuan
Image Source: Eat This

DREAMERS.ID - Di seluruh dunia, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar. Khususnya, data menunjukkan bahwa wanita ternyata lebih banyak yang mengidap penyakit jantung reumatik dibandingan pria. Apa itu jantung reumatik?

Dilansir Detik Health, menurut dr Ario Suryo Kuncoro, SpJP(K) FIHA FAsCC dari RS Jantung Harapan Kita menjelaskan, penyakit jantung reumatik adalah penyakit yang terjadi karena adanya kerusakan permanen katup jantung yang disebabkan oleh demam reumatik.

Meski demikian, ada juga beberapa kasus jantung reumatik yang tidak diawali dengan demam reumatik. "Misalnya terkena demam reumatik saat usia anak. Mungkin berkembang menjadi penyakit jantung reumatik di usia remaja. Tapi hanya sebagian yang diawali oleh demam reumatik," kata dr. Ario.

Faktor risiko penyakit jantung reumatik bermacam-macam, bisa karena faktor genetik ataupun faktor lingkungan. Ia menjelaskan, infeksi kuman streptococcus yang mengarah ke penyakit jantung reumatik biasanya terjadi ketika seseorang tinggal di lingkungan padat atau lingkungan yang kurang bersih.

dr Ario menambahkan, penyakit jantung reumatik ini akan lebih berisiko apabila terjadi pada wanita hamil. Pasalnya, pengobatan jantung reumatik memerlukan pembedahan untuk mengganti katup yang rusak.

"Setelah katup diganti, maka akan butuh obat pengencer darah. Obat ini tidak baik bagi perkembangan janin," lanjut dr Ario. Namun sampai saat ini belum diketahui apa alasan penyakit jantung reumatik lebih banyak dialami oleh perempuan. 

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)