home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemicu Penyakit Jantung Reumatik yang Lebih Banyak Dialami Perempuan

Rabu, 29 September 2021 14:00 by rizaluthfiah | 993 hits
Pemicu Penyakit Jantung Reumatik yang Lebih Banyak Dialami Perempuan
Image Source: Eat This

DREAMERS.ID - Di seluruh dunia, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar. Khususnya, data menunjukkan bahwa wanita ternyata lebih banyak yang mengidap penyakit jantung reumatik dibandingan pria. Apa itu jantung reumatik?

Dilansir Detik Health, menurut dr Ario Suryo Kuncoro, SpJP(K) FIHA FAsCC dari RS Jantung Harapan Kita menjelaskan, penyakit jantung reumatik adalah penyakit yang terjadi karena adanya kerusakan permanen katup jantung yang disebabkan oleh demam reumatik.

Meski demikian, ada juga beberapa kasus jantung reumatik yang tidak diawali dengan demam reumatik. "Misalnya terkena demam reumatik saat usia anak. Mungkin berkembang menjadi penyakit jantung reumatik di usia remaja. Tapi hanya sebagian yang diawali oleh demam reumatik," kata dr. Ario.

Faktor risiko penyakit jantung reumatik bermacam-macam, bisa karena faktor genetik ataupun faktor lingkungan. Ia menjelaskan, infeksi kuman streptococcus yang mengarah ke penyakit jantung reumatik biasanya terjadi ketika seseorang tinggal di lingkungan padat atau lingkungan yang kurang bersih.

dr Ario menambahkan, penyakit jantung reumatik ini akan lebih berisiko apabila terjadi pada wanita hamil. Pasalnya, pengobatan jantung reumatik memerlukan pembedahan untuk mengganti katup yang rusak.

"Setelah katup diganti, maka akan butuh obat pengencer darah. Obat ini tidak baik bagi perkembangan janin," lanjut dr Ario. Namun sampai saat ini belum diketahui apa alasan penyakit jantung reumatik lebih banyak dialami oleh perempuan. 

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)