home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anti Hoaks, Ini Kata Ahli Soal Kabar Kabel Laut Telkom Putus Digigit Hiu

Jumat, 24 September 2021 15:45 by rizaluthfiah | 1100 hits
Anti Hoaks, Ini Kata Ahli Soal Kabar Kabel Laut Telkom Putus Digigit Hiu
Image Source : Aspek.id

DREAMERS.ID - Sejak Minggu, 19 September 2021 malam, jaringan internet Indihome dan Telkomsel down. Hal itu terjadi kerena gangguan pada sistem komunikasi kabel bawah laut Telkom yang melintasi JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.

Ramai di sosial media mengatakan bahwa penyebab dari putusnya kabel bawah laut karena digigit oleh ikan hiu. Menurut Wakil Direktur Cyber Security Independence Team of Indonesia, Muhammad Salahuddien Menggalanny menyebutkan kemungkinan putus kabel bawah laut akibat digigit ikan hiu sangat kecil sekali. 

Melansir laman CNN Indonesia, ia menjelaskan bahkan bisa dibilang insiden kabel bawah laut putus disebabkan gigitan ikan hiu hampir tidak pernah terjadi, "Kenyataannya hampir tidak ada," kata Salahuddien.

"Karena material kabel bawah laut (tabung pelindung/shell tube) adalah bahan yang tidak menarik minat biota baik daya tarik agresivitas, reproduksi dan konsumsi," lanjutnya, dikutip dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, Salahuddien menjelaskan bahwa material kabel bawah laut memiliki pelindung yang tahan terhadap tantangan fisik lingkungan seperti tekanan air dan arus bawah laut yang kencang, benturan, tekukan dan termasuk tahan terhadap tusukan atau gigitan dari biota bawah laut. Yang dalam hal ini adalah ikan hiu.

Di sisi lain, Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono, mengatakan bahwa proses perbaikan perbaikan kabel bawah laut JaSuKa akan memakan waktu selama satu bulan. Menurutnya, waktu sebulan ini diperlukan untuk proses penyambungan kabel laut yang perlu didahului berbagai persiapan.

Seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan dan kelengkapan yang diperlukan pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)