home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanda-tanda Depresi yang Perlu Diwaspadai Lebih Awal

Kamis, 16 September 2021 15:45 by rizaluthfiah | 639 hits
Tanda-tanda Depresi yang Perlu Diwaspadai Lebih Awal
Image Source : SCMP

DREAMERS.ID - Depresi lebih dari sekedar kesedihan dan bisa menjadi penyakit yang serius bahkan berpotensi mengancam jiwa. Terlebih di situasi pandemi ini, semakin banyak orang yang merasakan stres dan tertekan.

Melansir CNN Indonesia, psikolog dari Universitas Indonesia Kasandara A. Putranto mengatakan ada sejumlah gejala depresi yang harus diwaspadai. Beberapa di antaranya merasa tidak berharga, merasa bersalah berlebihan, menarik diri dari kehidupan sosial, dan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi.

Gejala lain diantaranya, "Orang depresi juga kehilangan semangat, tidak ada energi, putus asa, bahkan yang lebih parah adalah muncul pikiran tentang kematian atau keinginan bunuh diri," kata Kasandra A. Purtanto.

Tak hanya secara psikis dan sosial, Kasandra menambahkan, orang depresi juga akan merasakan gejala dari aspek fisik seperti, kelelahan, nyeri fisik, melambatnya pergerakan tubuh, tidak dapat duduk tenang, terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur, dan penurunan berat badan.

Ia juga mengingatkan bahwa depresi bisa dialami oleh siapapun, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa atau lanjut usia. Berbagai kelompok usia dapat merasakan gejala depresi yang sama, namun terdapat perbedaan pada anak dan remaja.

Baca juga: Apple Kembangkan Fitur Baru untuk Mendeteksi Depresi di iPhone

"Jika perubahan mood pada orang dewasa ditandai dengan perasaan sedih, kosong, dan tidak berdaya, pada anak-anak dan remaja ditunjukkan dengan perasaan yang mudah tersinggung," ujar Kasandra.

"Selain itu, anak-anak juga dapat menunjukkan gejala seperti keluhan fisik, gangguan pola tidur, dan kecemasan. Sedangkan remaja menunjukkan kemurungan atau moody," tambahnya.

Kasanda menyarankan agar segera menemui psikolog atau psikiater jika sudah merasakan gejala seperti trauma, kesulitan dalam mengatur emosi, mengalami gangguan pola tidur atau nafsu makan, dan menggunakan obat-obatan.

Jika gejala-gejala terjadi pada orang terdekat, ada baiknya keluarga atau teman harus memberikan dukungan dan mendorongnya untuk mencari bantuan profesional.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)