home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Sekedar BB Turun, Ini Tandanya Kalau Diet Kamu Berhasil

Rabu, 15 September 2021 15:30 by rizaluthfiah | 817 hits
Bukan Sekedar BB Turun, Ini Tandanya Kalau Diet Kamu Berhasil
Image Source : Depositphotos

DREAMERS.ID - Salah satu cara diet yang hasilnya maksimal adalah dengan rajin olahraga agar membakar kalori sehingga tubuh menjadi ramping. Idealnya pembakaran kalori tersebut berasal dari pembakaran lemak, namun kalau salah strategi bisa malah ototnya yang terbakar. 

Akan tetapi, untuk mengetahui tubuh berhasil membakar kalori dan melunturkan lemak tidak bisa dilihat hanya dari ukurangan pinggang yang kecil atau berat badan menurun saja. Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui kalau diet kamu berhasil, dilansir dari CNN Indonesia.

1. Tidak Mudah Lapar

Dikarenakan niat kamu ingin membakar banyak kalori, maka asupan makanan yang diperlukan harus tinggi protein serta rendah karbohidrat. Nantinya makanan berprotein ini akan menekan rasa lapar dan asam amino protein tersebut mengirim sinyal rasa kenyang ke otak. 

2. Kesehatan Jiwa Meningkat

Menurut hasil studi, orang-orang yang konsisten menjaga berat badan tetap ideal dengan rutin olahraga cenderung mengalami peningkatan kesehatan jiwa. Manfaat psikologis yang didapatkan seperti kondisi tubuh lebih bugar, mampu mengontrol emosi diri dan perilaku kompulsif, tidak mudah cemas, dan masih banyak lainnya.

3. Nyaman Saat Berpakaian

Alasan lain ketika seseorang diet biasanya ingin bisa kembali memakai pakaian sebelumnya yang dirasa sempit. Hal ini dibuktikan oleh hasil studi yang melaporkan sebanyak 77 persen wanita dan 36 persen pria termotivasi menurunkan berat badan supaya bisa memakai pakaian tertentu dengan lebih nyaman.

4. Lebih Berotot

Membangun massa otot memang bukan perkara instan karena perlu latihan intensitas tinggi yang rutin, dibarengi dengan makanan bernutrisi tinggi. Apabila melihat perubahan otot yang jelas di bagian lengan atau kaki menjadi lebih kencang, ini bisa menjadi indikasi bahwa kalori kamu berhasil dibakar.

5. Ukuran Tubuh Menunjukkan Perubahan

Tanda kalori terbakar yang sangat mencolok adalah ketika bagian tubuh tertentu menunjukkan perubahan signifikan. Salah satunya ukuran pinggang. Studi yang melibatkan 430 orang yang ikut program penurunan berat badan selama 2 tahun tercatat bisa mengurangi ukuran lingkar pinggangnya.

6. Nyeri Tubuh Berkurang

Orang dengan berat berlebih umumnya rentan merasakan nyeri sendi di beberapa bagian tubuh seperti kaki, lutut, pinggul, karena harus menopang berat badan. Sementara orang yang mampu mengontrol berat badan dengan aktif bergerak, risiko nyeri sendi tersebut dapat terhindarkan.

7. Pencernaan Lancar

Proses membakar kalori tubuh sangat perlu diimbangi dengan konsumsi makanan berprotein, tinggi serat, serta vitamin dan mineral. Fungsi dari makanan bernutrisi tersebut tidak hanya membuat kenyang lebih lama, melainkan membantu menjaga kesehatan pencernaan supaya tidak mudah sembelit.

8. Tekanan Darah Terkontrol

Ketika kamu berhasil membakar kalori tubuh, tekanan darah bisa ikut terkontrol menjadi stabil. Hal itu dikarenakan lonjakan gula darah setelah makan selalu dibakar dengan berolahraga, sehingga tidak membuat lemak-lemak jadi mengendap.

9. Tidak Mendengkur

Tanda lain yang menunjukkan bahwa kamu sukses membakar kalori yaitu meningkatnya kualitas tidur jadi lebih nyenyak dan tidak mendengkur. Sebab, orang obesitas atau kegemukan seringkali dikaitkan dengan kondisi tidur mendengkur dan sleep apnea atau gangguan tidur ditandai napas berhenti dan berlanjut secara berulang.

10. Suasana Hati Yang Baik

Merasakan suasana hati atau mood yang baik termasuk tanda kalori terbakar. Ini karena saat kamu berolahraga atau membakar kalori, tubuh melepas hormon kortisol dan epineprin. Kemudian merangsang peningkatan hormon norepineprin sebagai antidepresan yang bisa membangkitkan suasana hati.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)