home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur, Agar Nyenyak

Rabu, 15 September 2021 19:15 by rizaluthfiah | 1229 hits
5 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur, Agar Nyenyak
Image Source: Better Me

DREAMERS.ID - Tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan tidur cukup dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, menjaga otot tetap sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Umumnya kamu disarankan untuk memenuhi waktu tidur antara 7 hingga 9 jam tanpa gangguan. Oleh karena itu, memilih makanan yang baik di konsumsi sebelum tidur merupakan salah satu dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu.

Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, dilansir dari CNN Indonesia.

1. Almond

Almond adalah jenis kacang yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Almond merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, lantaran 1 ons atau 28 gram almond panggang kering mengandung 18 persen dari kebutuhan harian orang dewasa akan fosor dan 23 persen riboflavin.

Makan almon secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko terhadap beberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Sebuah studi mengklaim almond si sumber hormon melatonin yang mengatur jam internal tubuh untuk memberikan sinyal bersiap tidur, sehingga meningkatkan kualitas tidur.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal populer yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Teh ini terkenal dengan kandungan flavonoidnya, yakni antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pemicu penyakit kronis, seperti kanker atau penyakit jantung.

Selain itu, teh chamomile juga disebut memiliki beberapa khasiat unik yang dapat meningkatkan kualitas tubuh. Menurut studi, teh ini mengandung apigenin. Antioksidan tersebut mengikat reseptor tertentu di otak dan dapat meningkatkan rasa kantuk serta mengurangi insomnia.

3. Kiwi

Kiwi adalah buah yang rendah kalori dan sarat gizi. Satu kiwi mengandung 42 kalori dan sejumlah nutrisi, termasuk 71 persen DV untuk vitamin C. Buah ini memberikan 23 persen kebutuhan harian vitamin K untuk laki-laki dan 31 persen untuk perempuan.

Kiwi juga mengandung jumlah folat dan potasium yang menjanjikan serta mineral. Dalam studi selama empat pekan, 24 orang dewasa makan kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam. Hasilnya, 42 persen tidur lebih cepat dibanding dengan yang tidak makan apapun.

Di sisi lain, kemampuan tidur sepanjang malam tanpa bangun pun akan meningkatkan 5 persen, sementara total waktu tidur naik 13 persen. 

4. Nasi Putih

Mengonsumsi nasi putih sebelum tidur ternyata membantu meningkatkan kualitas tidur, karena mengandung beberapa vitamin dan mineral dalam jumlah yang layak.  Satu porsi nasi putih 4 ons (79 gram) menyediakan 19 persen kebutuhan folat harian.

Untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, kamu disarankan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, termasuk nasi putih, setidaknya satu jam sebelum tidur. Untuk mencegah kenaikan berat badan, atur porsi nasi putih yang dikonsumsi ya.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel yang kaya akan vitamin D juga salah satu yang disarankan. Ikan berlemak tinggi akan asam lemak omega-3 yang sehat, khususnya asam eicosapentaenoic atau EPA dan asam decosahexaenoic atau DHA.

EPA dan DHA dikenal mengurangi peradangan. Sementara asam omega-3 dapat melindungi dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak. Kombinasi antara asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur. Hasil studi membuktikan keduanya meningkatkan produksi serotin.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)