home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dulu Kumuh, Intip Cantiknya Sungai Cheonggyecheon Jadi Langganan Lokasi Syuting Drakor

Minggu, 13 September 2020 15:00 by bonita99 | 3890 hits
Dulu Kumuh, Intip Cantiknya Sungai Cheonggyecheon Jadi Langganan Lokasi Syuting Drakor
Image source: tourkekorea.net

DREAMERS.ID - Korea Selatan terkenal dengan kemajuan memperbaiki segala fasilitas masyarakat agar dapat dinikmati dan menjadi lokasi wisata. Salah satu perubahan yang sangat menonjol bisa dilihat dari sungai Cheonggyecheon yang dahulunya kumuh.

Sungai Cheonggyecheon kini sudah cantik dan menjadi lokasi wisata favorit turis lokal maupun internasional. Selain karena menjadi sungai modern dan percontohan bagi negara lain, wisata ke sungai Cheonggyecheon tanpa dikenakan biaya apapun. Dan semakin terkenal karena menjadi langganan lokasi syuting drama Korea.

Seperti drama terbaru SBS Do You Like Brahms? episode ke-4, ada adegan antara Park Eun Bin dan Kim Min Jae sedang mencari udara segar malam di Sungai Cheonggyecheon. Faktanya, bahwa sungai Cheonggyecheon ini adalah sungai pemulihan yang pernah ada sebelumnya selama Dinasti Joseon (1392-1910).

Menilik ke sejarah sebelum menjadi cantik, awalnya sungai Cheonggyecheon ini sempat menjadi lambang kemiskinan kota Seoul pada tahun 1950-an setelah perang Korea berakhir. Lalu pada tahun 2003, wali kota Seoul mengubah sungai ini selama 2.5 tahun agar menjadi lebih baik.

Baca juga: Bekas Jalur Kereta Api Ini Disulap Jadi Taman Pinggir Laut yang Indah

Setelah diubah dan bangkit dari fase itu, sekarang Sungai Cheonggyecheon dengan panjang 11 km ini melintasi tempat wisata di Seoul seperti Istana Deoksugung, alun-alun Seoul, Sejong Center, Jalan Insa-dong, Istana Changdeokgung, dan Istana Changgyeonggung.

Terletak di titik awal Sungai Cheonggyecheon, berdiri bangunan Cheonggye Plaza yang mencakup area seluas 2.500 meter persegi, dan didesain dengan gaya bojagi tradisional Korea. Setiap bulan November, akan ada Seoul Lantern Festival yang merupakan festival tahunan di mana ratusan lentera menghiasi dan menerangi aliran sungai Cheonggyecheon. 

Terdapat juga atraksi yaitu Candle Fountain, yang menampilkan sinkronisasi dari tiga teknologi pencahayaan yang berbeda dan air terjun setinggi dua meter. Fyi, sungai Cheonggyecheon juga berhasil membuat kualitas udara di Seoul meningkat, dan suhu udara menurun yang artinya menjadi lebih adem.

Sebelumnya pada tahun 2018, saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Korea Selatan di mana berkunjung ke Sungai Cheonggyecheon.  Pemerintah Indonesia juga terinspirasi untuk mengubah sungai seperti Kali Ciliwung atau Kali Malang.

Untuk mengunjunginya, kamu bisa datang ke sini yang terletak di 03187, 37 Mugyo-ro, Jongno-gu, Seoul. Bisa naik subway ke Stasiun City Hall, Line 1, Exit 4 dan berjalan kaki selama 5 menit.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Apakah anda salah satu penggemar kopi? Kopi merupakan jenis minuman yang disukai hampir semua kalangan, mulai dari usia remaja, dewasa, hingga orang tua di seluruh penjuru dunia menikmatinya....
  • HOT !
    Pandemi COVID 19 yang melanda banyak negara di dunia ini berdampak bagi seluruh kehidupan masyarakat, khususnya bidang pariwisata yang menjadi lumpuh. Namun ada kabar baik dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang sudah tidak sabar liburan....
  • HOT !
    Perhiasan berlian tak hanya bisa dipakai di tangan hingga leher saja. Kini, berlian bisa kamu pakai bersamaan dengan pakaian dalam. Perusahaan perhiasan Passion Prive yang bekerjasama dengan Wacoal, merilis pakaian dalam yaitu bra korset premium bertabur berlian....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)