home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Produk Make Up Bisa Jadi Salah Satu Sumber Penularan Virus Corona?

Kamis, 11 Juni 2020 15:15 by Rie127 | 1232 hits
Produk Make Up Bisa Jadi Salah Satu Sumber Penularan Virus Corona?
Image Source: Contour Cafe

DREAMERS.ID - Dilansir dari CNN, ternyata make-up dapat menjadi salah satu sumber penularan virus corona. Hal ini dikarenakan produk make-up bersentuhan secara langsung dengan wajah, terutama dibagian bibir, hidung, dan mata.

Produk make-up yang memiliki risiko untuk penularan virus corona adalah lipstick karena cara memakainya yang diaplikasikan secara langsung pada bibir yang merupakan sumber dari masuknya cairan ataupun saluran pernapasan.

Baca juga: WHO Didesak Revisi Rekomendasi, Para Ahli Yakin Virus Corona Menular Lewat Udara?

Selain produk untuk bibir, produk makeup untuk bagian mata seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner juga memiliki risiko terhadap penularan virus corona karena mata merupakan salah satu jalur masuk virus.

“Mengaplikasikan produk makeup yang terkontaminasi pada wajah dapat menjadi pintu masuk infeksi mikroorganisme termasuk virus corona”, pernyataan dari Perdoski melalui akun Instagram mereka.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menyatakan bahwa walaupun di dalam make-up terdapat bahan pengawet yang dapat mencegah kontaminasi bakteri dan jamur, tapi bahan tersebut tidak mencegah dari serangan virus.

Berdasarkan penelitian yang telah dipublikasikan di The New England Journal of Medicine, virus corona dapat bertahan pada permukaan plastik hingga 72 jam. Permukaan itu termasuk plastik makeup, tabung, dan kotak logam.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)