SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

91 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor, Buruan Ganti Password!

Minggu, 03 Mei 2020 19:00 by zia92 | 1011 hits
91 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor, Buruan Ganti Password!
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia sedang terkena isu kebocoran data penggnua. Kebocoran data ini pertama kali diungkapkan oleh akun Twitter @underthebreach yang mengatakan bahwa peretasan terjadi pada Maret 2020 yang mempengaruhi 15 juta pengguna.

Namun hacker menytakan bahwa ada lebih banyak data mereka miliki. Penelitian dari pengamat sekuriti juga membuka isu lainnya. "Menurut pantauan Vaksincom, sebenarnya malah ada 91 juta database yang disebarkan di dark web dan berusaha dijual dengan harga 5000 dolar," sebut pengamat keamanan internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengutip Detik.

"Jadi untuk mendapatkan 91 juta informasi akun Toppers, dinilai dengan USD 5.000. Sebenarnya apa yang terjadi?" sebut Alfons di channel YouTube. Ia juga menyebutkan bahwa informasi yang bocor termasuk username, alamat email, nama user, tanggal lahir dan nomor telepon.

Baca juga: Benarkah Orang Indonesia Cenderung Cuek Soal Kebocoran Data Tokopedia? Ini Kata Pakar

Meski begitu, untungnya dalam data tersebut, password yang bocor tidak terbuka karena dalam bentuk hash (#) yang dienkripsi dan untuk mengetahui kuncinya cukup sulit. Salah satunya dengan metode brute force, yang bisa terjadi kalau dari Tokopedia tidak memblokir proses tersebut.

"Jadi kalau diblokir, login gagal sekali ditahan dulu misalkan 20 menit, gagal 2 kali tahan 40 menit, gagal 3 kali tahan 1 jam dan seterusnya. Jadi secara teknis sangat sulit kalau ada proteksi brute force," cetus Alfons.

Adapun saran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah agar pengguna rutin mengganti password akun, baik akun email maupun akun Tokopedia. Begitu juga soal kode One Time Password (OTP) yang biasanya berupa SMS kepada pengguna, di mana isinya ada 6 digit angka dan berlaku dalam waktu singkat. OTP ini merupakan kode verifikasi untuk masuk ke sebuah akun.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Twitter terus menambahkan fitur fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang terbaru, media sosial dengan ikon burung ini telah memulai uji coba fitur yang menungkinkan pengguna untuk membatasi ‘reply’ atau balasan terhadap tweet mereka....
  • HOT !
    Seorang ilustrator bernama Chancil Chan belakangan menjadi viral karena dinilai berhasil mengubah beberapa foto tokoh terkenal atau tokoh nasional menjadi anime Jepang. Yang walaupun mungkin tampil dalam visual berbeda, image dan feel dari karakter tersebut tetap terasa....
  • HOT !
    Setiap negera tentunya memiliki tempat tempat yang memiliki keunikan atau cerita sendiri. bahkan hampir di setiap Negara juga memiliki bangunan tua yang telah didirikan sejak puluhan tahun yang lalu, termasuk di Korea Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)