home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

91 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor, Buruan Ganti Password!

Minggu, 03 Mei 2020 19:00 by zia92 | 1866 hits
91 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor, Buruan Ganti Password!
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia sedang terkena isu kebocoran data penggnua. Kebocoran data ini pertama kali diungkapkan oleh akun Twitter @underthebreach yang mengatakan bahwa peretasan terjadi pada Maret 2020 yang mempengaruhi 15 juta pengguna.

Namun hacker menytakan bahwa ada lebih banyak data mereka miliki. Penelitian dari pengamat sekuriti juga membuka isu lainnya. "Menurut pantauan Vaksincom, sebenarnya malah ada 91 juta database yang disebarkan di dark web dan berusaha dijual dengan harga 5000 dolar," sebut pengamat keamanan internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengutip Detik.

"Jadi untuk mendapatkan 91 juta informasi akun Toppers, dinilai dengan USD 5.000. Sebenarnya apa yang terjadi?" sebut Alfons di channel YouTube. Ia juga menyebutkan bahwa informasi yang bocor termasuk username, alamat email, nama user, tanggal lahir dan nomor telepon.

Baca juga: Tokopedia Banjir Kiriman dari ARMY Indonesia Jelang Penampilan Spesial BTS

Meski begitu, untungnya dalam data tersebut, password yang bocor tidak terbuka karena dalam bentuk hash (#) yang dienkripsi dan untuk mengetahui kuncinya cukup sulit. Salah satunya dengan metode brute force, yang bisa terjadi kalau dari Tokopedia tidak memblokir proses tersebut.

"Jadi kalau diblokir, login gagal sekali ditahan dulu misalkan 20 menit, gagal 2 kali tahan 40 menit, gagal 3 kali tahan 1 jam dan seterusnya. Jadi secara teknis sangat sulit kalau ada proteksi brute force," cetus Alfons.

Adapun saran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah agar pengguna rutin mengganti password akun, baik akun email maupun akun Tokopedia. Begitu juga soal kode One Time Password (OTP) yang biasanya berupa SMS kepada pengguna, di mana isinya ada 6 digit angka dan berlaku dalam waktu singkat. OTP ini merupakan kode verifikasi untuk masuk ke sebuah akun.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Sudah memasuki bulan September berarti musim panas akan berubah menjadi musim gugur di Korea Selatan. Pada musim ini banyak dinikmati orang lokal maupun turis untuk bepergian melihat pemandangan dedaunan berjatuhan di jalanan yang berwarna kuning, orange, hingga kecoklatan....
  • HOT !
    Penggemar Harry Potter kembali dimanjakan dengan konten konten baru untuk terus hanyut dalam dunia sihir tersebut. Bersamaan dengan acara peluncuran Sony PlayStation 5 mengumumkan tentang peluncuran game terbaru berjudul Hogwarts Legacy....
  • HOT !
    Di Indonesia ada bakwan sebagai camilan favorit yang terbuat dari tepung dengan isi sayur seperti wortel, kol dan toge, sering juga diberi tambahan udang dan dijual dipinggir jalan menggunakan gerobak atau bahkan dapat dibuat sendiri di rumah. Di Korea Selatan juga ada lho....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)