SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dapat Sebabkan Kematian, Kenali Gejala Heat Stroke Pada Saat Musim Panas

Selasa, 22 Oktober 2019 23:00 by Rie127 | 743 hits
Dapat Sebabkan Kematian, Kenali Gejala Heat Stroke Pada Saat Musim Panas
Image Source: glitzmedia

DREAMERS.ID - Saat musim panas tiba, pastinya kamu lebih sering berkeringat karena suhu udaa yang tinggi. Karena tubuh memiliki batas suhu panas yang bisa tahan, jika sudah melampaui batas, hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami overheated atau kepanasan.

"Overheated membuat tubuh tidak bisa mendinginkan suhu tubuhnya sendiri untuk kembali ke kondisi normal, semua ini meningkatkan beban kerja ekstra pada jantung" ujar ahli nutrisi, Roger E Adams, dikutip dari The Healthy.

Dalam kondisi yang lebih parah, tubuh yang kepanasan juga dapat terserang heatstroke. Heat stroke bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ internal lainnya hingga menyebabkan kematian.

Mengutip dari WebMD, secara medis, Heat Stroke didefinisikan sebagai kondisi saat suhu inti tubuh berada di atas 40 derajat Celcius. Berikut ini juga merupakan tanda tubuh kamu mengalami Heat Stroke:

1. Berhenti Berkeringat Meskipun Panas

Berkeringat merupakan  cara tubuh untuk memulihkan suhu tubuh ke dalam kondisi normal. Namun, kamu perlu waspada jika ada perubahan dalam jumlah keringat yang dikeluarkan. Saat seseorang mengalami dehidrasi parah, keringat akan berhenti keluar.

 “Jika Anda tidak berkeringat sama sekali, lepaskan pakaian, minum air mineral, dan kompres tubuh kalau perlu”. kata Dempsey.

2. Pandangan Kabur

Salah satu petunjuk awal overheated adalah pandangan yang kabur akibat pusing. Cuaca yang sangat panas juga membuat fungsi jaringan saraf di tubuh menjadi tak menentu. Hal ini juga dapat membuatmu merasakan mual secara tiba-tiba.

“Saat jaringan saraf halus di otak memanas, sakit kepala, kebingungan, kelesuan mental, dan pusing sangat mungkin terjadi”. kata Adams.

“Beristirahat lah di tempat teduh dan minum yang banyak untuk menjinakkan suhu tubuh Anda” lanjut Adams.

3. Ruam

Ruam adalah bintik kemerahan yang muncul pada permukaan kulit. Ruam terjadi saat saluran keringat tersumbat. Kondisi ini menyebabkan peradangan yang ditandai dengan kemunculan bintik-bintik merah.

"Gunakan pakaian longgar dan ringan selama cuaca panas dan tetap berada di tempat teduh untuk mencegah heat stroke," ujar Dempsey.

Kram otot juga menjadi tanda lain dari tubuh yang mengalami overheated. Untuk mengatasi ini, Dempsey menyarankan untuk mendinginkan suhu tubuh dengan posisi duduk dan melakukan peregangan hingga kram dirasa hilang.

Selain daftar di atas, tubuh yang mengalami overheated juga dapat ditandai dengan sejumlah gejala lainnya. Mulai dari sakit kepala berdenyut, mual dan muntah, detak jantung cepat, napas cepat, kejang, hingga kebingungan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Softbank Corp mengumumkan bahwa anak usanhya, Z Holdings atau yang sebelumnya bernama Yahoo Jepang akan melebur (merger) dengan Line Corps, perusahaan aplikasi pesan instan yang berbasis di Tokyo....
  • HOT !
    Beberapa hari belakangan ini media sosial tengah memperbincangkan tentang seorang pramugara dari maskapai Lion Air yang tengah membantu penumpang lansia. Hal ini diketahui dari postingan dari pemilik akun Instagram @armainiimay....
  • HOT !
    Setelah merilis iPhone 11 pada September lalu, Apple dikabarkan siap meluncurkan perangkat baru. Namun bukan varian ‘s’ seperti tradisi yang biasa dilakukan Apple, melainkan langsung merilis seri terbaru, iPhone 12....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)