SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Destinasi Wisata Rowo Bayu, Tempat Yang Dikaitkan Dengan Cerita 'KKN Desa Penari'

Senin, 02 September 2019 16:25 by sukmagayatri | 1055 hits
Destinasi Wisata Rowo Bayu, Tempat Yang Dikaitkan Dengan Cerita 'KKN Desa Penari'
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Setelah cerita KKN Desa Penari mencuat dan viral di sosial media, mulai muncul beberapa nama tempat yang dikaitkan oleh cerita tersebut dan salah satunya adalah Rowo Bayu.

Rowo Bayu terletak di Kentangan, Bayu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Tempatnya masih sangat asri untuk destinasi wisata, dipenuhi dengan pepohonan rindang, Rowo Bayu sering dijadikan tempat untuk meditasi dan menyepi dari suasana sibuk perkotaan.


Image source: jatimnow.com

Selain rawa berukuran besar, Rowo Bayu memiliki beberapa sumber mata air diantaranya sumber Taman Kaputran, sumber taman Dewi Gangga, Sumber Kamulyaan dan Sumber Panguripan/ Rahayu. 

Sumber Kaputran dan Dewi Gangga berada di sebelah Barat Petilasan Prabu Tawang Alun, sedangkan untuk sumber Kamulyaan dan Sumber Panguripan/ Rahayu berada di belakang dari petilasan tersebut. 

 


Image source: jejakpiknik.com

Menurut Mbah Saji, juru kunci Rowo Bayu, sumber-sumber mata air tersebut memiliki maknanya masing-masing. Sumber Kaputran untuk mereka yang ingin memiliki penerus yang baik, sumber Dewi Gangga untuk para wanita yang dipercaya berkhasiat untuk kecantikan, sumber Kamulyaan dan Panguripan biasanya dikunjungi oleh pejabat dan masyarakat yang ingin memperbaiki kehidupan dan kemuliaan. 

Di Rowo Bayu juga terdapat sebuah petilasan bernama petilasan Prabu Tawang Alun yang menurut Mbah Saji merupakan jejak terakhir Prabu Tawang Alun sebelum Muksa (menghilang). Hingga saat itu petilasan tersebut sering didatangi penziarah yang percaya jika mereka berdoa disana maka permintaan nya niscaya akan terwujud.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)