home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Destinasi Wisata Rowo Bayu, Tempat Yang Dikaitkan Dengan Cerita 'KKN Desa Penari'

Senin, 02 September 2019 16:25 by sukmagayatri | 2023 hits
Destinasi Wisata Rowo Bayu, Tempat Yang Dikaitkan Dengan Cerita 'KKN Desa Penari'
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Setelah cerita KKN Desa Penari mencuat dan viral di sosial media, mulai muncul beberapa nama tempat yang dikaitkan oleh cerita tersebut dan salah satunya adalah Rowo Bayu.

Rowo Bayu terletak di Kentangan, Bayu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Tempatnya masih sangat asri untuk destinasi wisata, dipenuhi dengan pepohonan rindang, Rowo Bayu sering dijadikan tempat untuk meditasi dan menyepi dari suasana sibuk perkotaan.


Image source: jatimnow.com

Selain rawa berukuran besar, Rowo Bayu memiliki beberapa sumber mata air diantaranya sumber Taman Kaputran, sumber taman Dewi Gangga, Sumber Kamulyaan dan Sumber Panguripan/ Rahayu. 

Sumber Kaputran dan Dewi Gangga berada di sebelah Barat Petilasan Prabu Tawang Alun, sedangkan untuk sumber Kamulyaan dan Sumber Panguripan/ Rahayu berada di belakang dari petilasan tersebut. 

 


Image source: jejakpiknik.com

Menurut Mbah Saji, juru kunci Rowo Bayu, sumber-sumber mata air tersebut memiliki maknanya masing-masing. Sumber Kaputran untuk mereka yang ingin memiliki penerus yang baik, sumber Dewi Gangga untuk para wanita yang dipercaya berkhasiat untuk kecantikan, sumber Kamulyaan dan Panguripan biasanya dikunjungi oleh pejabat dan masyarakat yang ingin memperbaiki kehidupan dan kemuliaan. 

Di Rowo Bayu juga terdapat sebuah petilasan bernama petilasan Prabu Tawang Alun yang menurut Mbah Saji merupakan jejak terakhir Prabu Tawang Alun sebelum Muksa (menghilang). Hingga saat itu petilasan tersebut sering didatangi penziarah yang percaya jika mereka berdoa disana maka permintaan nya niscaya akan terwujud.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)