SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Tahu? Begini Posisi Tubuh yang Salah dan Tepat Saat Gunakan Gadget

Jumat, 22 Maret 2019 15:15 by zia92 | 1885 hits
Sudah Tahu? Begini Posisi Tubuh yang Salah dan Tepat Saat Gunakan Gadget
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun-tahun.

Dalam penelitian teakhir yang dilakukan, para ilmuwan menemukan bahwa terus melihat ke bawah untuk menatap gadget setara dengan menempatkan beban seberat  60 pon (sekitar 27 kilogram) pada tulang belakang.

Berdasarkan gambar yang dirilis laman Health, berikut adalah beberapa posisi menggunakan gadget yang salah dan bagaimana posisi yang seharusnya dilakukan.


Image source: health.com

1. Berdiri
Saat melihat ponsel dengan keadaan berdiri, jangan tempatkan ponsel sejajar dengan perut sehingga kita akan cenderung lebih membungkukkan kepala dan leher. Sebaiknya, posisi ponsel berada di depan dada.

2. Duduk
Jangan memangku laptop dengan cara memangkunya di paha, karena hal ini juga memungkinkan leher akan menekuk. Sebaiknya, duduk di kursi dengan posisi yang nyaman dan letakkan laptop di meja.

Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

3. Posisi bersantai
Saat di tempat tidur, penggunaan gadget sejenis tablet sebaiknya tidak disandarkan ke paha sementara tubuh bersandar di bantalan karenan membuat kepala menunduk. Posisi yang lebih baik adalah berbaring miring.

4. Di treadmill
Jangan melihat televisi yang terpasang terlalu tinggi di atas treadmill karena akan membuat kepala mendongak dan peregangan di leher. Jadi sebaiknya pilih treadmill yang sudah terinstall televisi di depan.

5. Bersantai di sofa
Saat menggunakan tablet di sofa, posisi tengkurap dan menaruh gadget di lantai biasanya menjadi posisi favorit tapi ternyata hal ini tidak baik. Sebaiknya kita berbaring dan mengangkat gadget.

6. Bertumpu di siku
Menggunakan ponsel sambil tengkurap dan bertumpu di siku juga sebaiknya dihindari. Lagi-lagi, posisi berbaring dengan tubuh miring itu lebih baik.

(fzh)

  • HOT !
    Menyantap sahur sebelum menjalankan ibadah puasa memang menjadi hal yang perlu dilakukan. Selain sebagai sumber energi sebelum menjalani aktifitas, sahur juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh....
  • HOT !
    Lebaran menjadi salah satu momen yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga atau untuk menghabiskan waktu berlibur ke negara impian. Klook sebagai salah satu platform perjalanan online terdepan di dunia, resmi meluncurkan program aktivitas #KlookYourDream pada Kamis (16/5)....
  • HOT !
    WhatsApp kembali mengumumkan bakal mengakhiri dukungannya untuk beberapa perangkat. Layanan pesan instan itu tak lagi bisa digunakan di perangkat Windows Phone pada 31 Desember 2019, serta ponsel dengan sistem operasi iOS 7 atau yang lebih tua dan Android 2.3.7 dan lebih tua, mulai 1 Februari 2020....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)